Jumat, 24 November 2017

Mengenal Pasar Keuangan

Cara Berinvestasi Emas Online


Ditulis oleh: DimasCara Berinvestasi Emas Online
Senin, 6 Juli 2015 16:41 WIB
Dibaca 834

cara berinvestasi emas online

Emas sejak lama diakui oleh masyarakat dunia sebagai benda yang memiliki nilai jual tinggi. Logam mulia ini bahkan dipercaya mampu melindungi nilai kekayaan di tengah gejolak ekonomi sebesar apapun. Pendapat itu sama sekali tidak salah karena harga emas memang selalu naik dari waktu ke waktu. Oleh karena itulah emas sekarang bukan hanya bisa dijadikan sebagai aset aman maupun perhiasan karena salah satu jenis sumber daya alam ini juga menjanjikan sesuatu yang lebih berupa return atau keuntungan.

Selama puluhan tahun emas kerap dipakai sebagai media untuk berinvestasi karena harganya konsisten meningkat dari waktu ke waktu. Banyak orang kaya yang menyimpan emas fisik untuk tujuan ini, mulai dari bentuk batangan, koin maupun perhiasan. Tetapi bagi investor yang berkarakter agresif, investasi emas fisik tentu kurang memuaskan karena laju kenaikannya relatif kecil dan tidak akan terlalu menguntungkan, kecuali jumlah emas yang dimiliki memang cukup banyak.

Alasan itulah yang melatarbelakangi munculnya sistem perdagangan alternatif berupa transaksi jual beli emas online via internet. Belum banyak orang yang tahu kalau transaksi emas sekarang bisa dilakukan selama 24 jam tanpa harus mencari penjual dan pembelinya. Pasar untuk investasi emas online disebut dengan bursa berjangka. Di sini investor bisa mengakses harga di pasar dunia dan melakukan jual beli emas online secara langsung melalui perangkat komputer, laptop, PC tablet hingga smartphone dari manapun dan kapanpun.

Cara berinvestasi emas online sangatlah mudah. Kita hanya perlu mencari perusahaan pialang sebagai perantara untuk memfasilitasi transaksi kita dengan pasar berjangka dunia. Namun pihak yang dimaksud pialang di sini bukanlah perusahaan sekuritas yang memperdagangkan saham, tetapi pialang berjangka yang melayani investasi produk futures seperti forex, indeks saham, emas dan minyak mentah serta saham berbentuk kontrak (CFD). Terdapat banyak perusahaan yang bisa dipilih untuk dijadikan tempat investasi online, tetapi kita dituntut untuk pintar-pintar memilih pialang karena tidak semuanya diakui oleh pemerintah. Sekali saja kita salah dalam memilih pialang, risikonya bisa sangat fatal karena menyangkut nasib modal yang kita tempatkan.

Di Indonesia, investasi emas online diawasi oleh Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (BAPPEBTI). Oleh karena itulah broker pilihan kita harus terdaftar sebagai anggotanya sehingga jika terjadi suatu hal maka keamanan uang kita dijamin sepenuhnya oleh pemerintah. Cara mengeceknya sangat mudah yaitu dengan mengunjungi website BAPPEBTI dan melihat langsung daftar nama perusahaan yang berada di bawah naungan otoritas berjangka. Apabila namanya ada, kita tinggal menghubungi langsung kantor perwakilan pialang tersebut untuk mendaftarkan diri. Jangan pernah mempercayai modal anda kepada broker yang tidak terdaftar di BAPPEBTI, tidak peduli betapa manisnya iming-iming yang mereka tawarkan.

Kirim Komentar Anda


Komentar