Selasa, 28 Maret 2017

Mengenal Pasar Keuangan

Rekomendasi Berita Saham Hari Ini


Ditulis oleh: DimasRekomendasi Berita Saham Hari Ini
Senin, 6 Juli 2015 16:54 WIB
Dibaca 666

rekomendasi berita saham hari ini

Investor yang berkecimpung di pasar saham tanah air biasanya selalu memulai hari dengan mencari informasi berita yang berpotensi menggerakkan harga ekuitasnya. Selain dari surat kabar dan televisi, kini pelaku bursa juga bisa mengetahui prediksi harga saham hari ini via portal berita internet maupun aplikasi mobile.

Selain media konvensional yang disebutkan tadi, ada satu media personal yang mengulas saham secara lebih spesifik berikut dengan faktor-faktor yang mempengaruhi harganya. Ya, media tersebut adalah rilis proyeksi saham harian yang biasanya dikeluarkan oleh perusahaan pialang atau sekuritas sebelum pasar dibuka. Rekomendasi saham hari ini biasanya berisi tentang informasi eksplisit tentang headline yang akan menjadi sentimen utama untuk dua sesi perdagangan ke depan. Headline tersebut bisa berasal dari dalam maupun luar negeri seperti isu kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat atau berita tentang kebijakan pemerintah Indonesia sendiri.

Rekomendasi Berita saham yang diterbitkan oleh perusahaan sekuritas ini juga menampilkan agenda ekonomi tertentu yang akan mempengaruhi harga. Efek dari setiap event dapat beragam, hanya berdampak terhadap saham di sektor tertentu atau ke seluruh komponen Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Keputusan soal suku bunga Bank Indonesia misalnya, berita ini akan menciptakan efek ke seluruh saham. Sementara kabar khusus seperti kenaikan pajak ekspor minyak kelapa sawit hanya akan mempengaruhi saham-saham sektor perkebunan dan produk sejenisnya.

Investor akan melihat pula grafik teknikal indeks saham utama dan saham-saham pilihan versi tim analis sekuritas tempat ia menitipkan dananya. Grafik ini biasanya dibuat secara simpel dengan memakai paling banyak 3 indikator teknikal. Poin terpenting yang biasanya diperhatikan oleh investor adalah titik support dan resistance dari masing-masing saham serta target harga. Di sini kita bisa melihat pergerakan harga maksimal, baik naik ataupun turun, disertai level-level pentingnya. Rekomendasi saham inilah yang nantinya akan dipakai sebagai acuan dalam pengambilan posisi jual beli.

Prediksi saham dalam rilis harian yang dikeluarkan oleh perusahaan sekuritas memang tidak selalu akurat, dan investor pasti paham bahwa tidak ada seorangpun di dunia ini yang bisa 100% menerka arah harga produk keuangan. Tetapi secara umum, informasi ini dapat memberi petunjuk tentang skenario yang mungkin terjadi di pasar dalam satu hari ke depan. Pada akhirnya investor sendirilah yang akan mengambil keputusan dan menerima hasil transaksinya.

 

 

 

Kirim Komentar Anda


Komentar