Rabu, 18 Oktober 2017

Mengenal Pasar Keuangan

CFD Adalah Jalan Pintas ke Pasar Dunia


Ditulis oleh: DimasCFD Adalah Jalan Pintas ke Pasar Dunia
Selasa, 7 Juli 2015 14:05 WIB
Dibaca 1166

CFD atau Contract for Difference (CFD) adalah salah satu produk investasi derivatif (turunan) yang diperdagangkan di bursa berjangka. Sesuai namanya, CFD berbentuk kontrak dari suatu komponen saham atau komoditas yang diperdagangkan di pasar modal dan komoditas negara maju. Produk ini dibuat untuk membuka akses dan mempermudah investor untuk terjun ke pasar tanpa harus terbebani biaya besar.

Serupa dengan forex, CFD ditransaksikan dengan sistem cash-settled atau tidak melibatkan serah terima fisik apapun. Return investasi didapat dari proses jual beli online di pasar berjangka dunia, bukan dari proses pindah tangan. Keuntungan dari transaksi CFD adalah dari sisi modal awal. Untuk bertransaksi, investor tidak perlu menggelontorkan dana yang terlampau besar dibandingkan mereka membeli saham atau komoditas secara langsung di pasar. Investor cukup menyediakan margin sebesar yang dipersyaratkan oleh perusahaan broker yang nilainya jauh di bawah harga running saham atau komoditas.

Ini adalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Contract for Difference (CFD) yaitu fasilitas leverage. Dengan hanya mengeluarkan dana sekitar 10% dari nilai saham atau komoditas yang berjalan, para investor bisa mendapatkan keuntungan yang sama bila bertransaksi di bursa saham.

Keuntungan lainnya adalah CFD bisa dipakai sebagai alat hedging posisi beli di bursa saham. Ini karena para investor bisa membuka posisi “Jual’ atau membeli kontrak “Jual” terlebih dahulu. Dengan demikian, bila investor memiliki posisi beli di bursa saham padahal tren harga sedang menurun, investor bisa membeli kontrak Jual CFD untuk saham tersebut untuk mengurangi kerugian.

Waktu trading CFD sudah ditentukan dalam rincian kontrak. Biasanya waktu trading mengikuti waktu trading di bursa karena pergerakan harganya mengikuti pergerakan harga yang sedang berjalan di bursa.

Selain CFD indeks saham dan komoditas, investor kini juga bisa memperdagangkan CFD saham individu. Mereka Tidak perlu lagi jauh-jauh ke New York hanya untuk mengoleksi saham-saham perusahaan internasional seperti Apple, Google, Microsoft dan ratusan saham lainnya. Cukup dengan menghubungi perusahaan pialang berjangka terdekat, trader bisa merasakan langsung atmosfir perdagangan saham ala Wall Street. CFD bisa menjadi alternatif bagus bagi pelaku pasar finansial, terutama untuk orang yang mulai bosan dengan jenis investasi yang itu-itu saja.

Kirim Komentar Anda


Komentar