Rabu, 18 Januari 2017

Mengenal Pasar Keuangan

Berita Keuangan dan Ekonomi Internasional Terkini


Ditulis oleh: DimasBerita Keuangan dan Ekonomi Internasional Terkini
Rabu, 15 Juli 2015 13:51 WIB
Dibaca 1252

Pelaku pasar finansial tidak bisa lepas dari yang namanya berita ekonomi terbaru dunia. Apapun yang terjadi di negara-negara maju dan berkembang selalu patut diperhatikan karena efeknya langsung berimbas pada harga-harga produk keuangan seperti forex, saham, obligasi hingga aset konvensional semacam emas, deposito dan tabungan.

Berita keuangan tidak harus berasal dari bidang ekonomi. Harga aset finansial juga bisa bergerak di tengah isu-isu politik, keamanan bahkan cuaca sekalipun. Salah satu isu yang sempat mengguncang dunia keuangan adalah soal krisis hutang yang dialami oleh Yunani. Negara yang dikenal sebagai destinasi wisata sejarah ini kelimpungan membayar hutangnya kepada banyak pihak. Bukan main-main, beban hutang Yunani tembus angka 323 miliar Euro atau setara Rp4.700 triliun. Angka itu tergolong fantastis, terutama jika membandingkannya dengan nilai ekonomi nasional Yunani yang hanya mencapai 240 miliar Euro. Dari hutang sebesar itu, 60% berasal dari pinjaman fasilitas dana talangan Uni Eropa sedangkan sisanya didapat dari banyak pihak seperti Dana Moneter Internasional (IMF), penjualan obligasi, bank swasta dan bank asing.

Supaya tidak bangkrut, pemerintah Yunani melakukan negosiasi dengan pihak Uni Eropa, otoritas yang menaunginya. Sebagai kreditur, Uni Eropa tidak keberatan meminjamkan dana kepada negara ini asalkan mereka mau menuruti beberapa persyaratan termasuk pengetatan anggaran dan kebijakan fiskal yang kejam. Merasa diperlakukan tidak adil, pemerintah Yunani terus melakukan negosiasi walaupun di saat yang sama tenggat pembayaran hutangnya akan jatuh tempo. Proses pertemuan berlangsung lama dan alot sehingga turut memicu gejolak di pasar finansial.

Selama krisis Yunani mencuat ke permukaan pada pertengahan 2015, harga-harga produk keuangan bergerak variatif. Nilai tukar Euro anjlok tajam karena ada indikasi negara ini terlempar dari zona Euro apabila gagal membayar tanggungan hutangnya. Harga emas juga sedikit pulih seiring dengan peningkatan minat beli investor yang ingin melindungi hartanya dari risiko krisis. Peta harga produk keuangan lainnya ikut berubah dan efeknya meluas ke wilayah di luar Eropa termasuk Amerika Serikat dan Asia.

Berkaca pada hal tersebut, bisa dilihat betapa besar pengaruh berita keuangan dan ekonomi internasional terkini terhadap pasar finansial. Oleh karena itulah investor dituntut selalu update dengan informasi terbaru supaya keputusan investasinya sejalan dengan sentimen di pasar keuangan dunia. Tanpa mengetahui perkembangan berita-berita fundamental, segala analisa teknikal tidak akan berguna sama sekali.

Kirim Komentar Anda


Komentar