Kamis, 21 September 2017

Analisa Fundamental

News Trading On Gold: OBSERVE, SET & RELAX


Ditulis oleh: Vicky ArmaniNews Trading On Gold: OBSERVE, SET & RELAX
Kamis, 5 Mei 2011 9:56 WIB
Dibaca 7538

Seperti yang telah kita ketahui, koreksi pada harga emas adalah kesempatan untuk membeli. Proyeksi ini terbukti pada 7 Desember 2010, saat emas membentuk rekor baru ke level $1430.90 setelah sempat terkoreksi ke $1329.75 per ons. Pasca tembus rekor baru, harga emas menurun akibat profit taking karena Dollar AS berada dalam momentum penguatan. Saat ini, emas masih bergerak dalam uptrend, dengan koreksi terakhir ($1329.75) menjadi support yang kuat sebelum kembali mencetak rekor tertinggi.

Fokus kali ini tertuju pada sistem trading emas di tengah momen berita penting. Patut diingat bahwa salah satu keunggulan trading emas online adalah two way opportunity, yaitu Anda dapat mengambil profit, baik ketika harga emas naik maupun turun. Sistem ini akan mengikuti posisi berdasarkan pergerakan dari berita penting. Agar lebih mudah memahaminya, silakan cermati ilustrasi berikut:
 
Pada tanggal 10 Desember 2010, muncul laporan penting U.S Trade Balance (Neraca perdagangan Amerika Serikat (AS)) pada pukul 20:30 WIB. Pertama, Anda buka grafik 1 menit di Monex Trader lalu perhatikan titik tertinggi dan terendah antara 8 candle (satu menit per candle) dari jam 20:21 sampai 20:28 WIB (atau jam 14:21 14:28 jam Zurich). Mengingat semua trader sedang menunggu hasil beritanya muncul, maka harga akan bergerak dalam range sangat kecil.
 
Anda masih memiliki dua menit sampai berita U.S Trade Balance keluar. Namun sebelum itu, Anda pasang stop buy $1 di atas titik tertinggi, yaitu level $1,390.80 dan stop sell $1 di bawah titik terendah, yaitu pada level $1,388.10. Dengan menggunakan strategi ini, Anda tidak perlu khawatir hasil news tersebut baik atau buruk. Hal yang terpenting adalah saat berita dirilis, harganya bergerak satu arah. Cara observasi serta menentukan level beli dan jual terlihat pada gambar 1. Sebelum berita, Anda juga bisa memasang level take profit dengan target $5.00 dan stop loss $2.00.
 
observe gold

Gambar 1. Ilustrasi Sistem Trading The News

Pada pukul 20:30 WIB, hasil berita neraca perdagangan AS dirilis positif (lebih rendah) pada -$38,7 miliar dibandingkan ekspektasi pasar sebesar -$43,5 miliar. Hasil laporan tersebut berdampak baik bagi US Dollar, sehingga harga emas turun dan posisi stop sell pada level $1388.10 tereksekusi. Kemudian penurunan harga berlanjut dan Anda mendapat profit $5.00 dalam waktu satu jam lebih sedikit (lihat gambar 2). Ketika stop sell tereksekusi, jangan lupa cancel order buy atau pasang order OCO (One Cancels Other), dimana jika satu posisi sudah aktif, maka posisi pasangannya akan ter-cancel secara otomatis.

observe gold

Gambar 2: Hasil Berita Trade Balance 10 Desember 2010, pukul 20:30 WIB
Sumber: Monex Trader
 
Review: Peraturan Sistem News Trading
 
Step 1: 10 menit sebelum berita penting, Anda buka grafik 1 menit.
 
Step 2: Perhatikan high dan low 8 candle. Kemudian pasang stop buy $1 di atas high dan stop sell $1 di bawah low dengan limit $5.00 dan stop loss $2.00. Jangan lupa membuat order OCO agar saat satu order sudah aktif, yang lainnya akan ter-cancel secara otomatis.
 
Step 3: Check Hasil.
 
Dengan rencana trading yang jelas, sederhana dan risk to reward menarik, Anda bisa mengontrol emosi supaya lebih berhasil dalam trading. Good luck!

Silahkan melatih strategi trading anda pada platform online trading dengan mendaftar demo account di sini.

 

 

 

 

 

Kirim Komentar Anda


Komentar

Rusdi Gunawan 1 Agustus 2011
saya baru belajar trading jadi belum tahu ja, berapa saja realis news dan dimana mengetahui news, jd kalo bisa dibantu
Thomas Ariston 12 Agustus 2011
bagaimana cara membuat order OCO...?
Winly 29 Maret 2013
bagaimana bisa pasang sell stop d buy stop, sedangkan peraturan ddari broker setengah jam seblm berita dirilis sell stop dan buy stop tdk diperbolehkan
Ariston Tjendra 29 Maret 2013
@Winly -> di broker Monex -mifx.com, buy stop dan sell stop tetap diperbolehkan sebelum data rilis, tidak ada pembatasan. Mungkin ada broker lain yang tidak bisa.
DANIATY 23 Mei 2013
bagaimana setting OCO ??