Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

Strategi Trading

Strategi Trading yang Efektif dan Sederhana


Ditulis oleh: Ariston TjendraStrategi Trading yang Efektif dan Sederhana
Jumat, 13 Februari 2015 15:30 WIB
Dibaca 4988

Monexnews - Platform online trading saat ini seperti Meta Trader 4, menyediakan banyak indikator teknikal. Para trader sering mencari kombinasi yang tepat dari indikator-indikator yang tersedia. Bahkan untuk trader yang sudah "expert" melakukan modifikasi dari indikator-indikator yang ada untuk mempertajam akurasi.

Dalam suatu strategi trading yang perlu diperhatikan dalam membuka posisi adalah:

1. Penentuan bias atau arah pergerakan harga

2. Penentuan support dan resisten

Hanya dengan mengetahui kedua hal ini, trader sudah bisa melakukan trading yang menguntungkan dan efektif. Tentu saja, kedisiplinan juga sangat penting dalam penerapan suatu strategi agar menguntungkan.

Penentuan bias atau arah pergerakan harga bisa menggunakan garis tren yang kita tarik dengan menghubungkan titik-titik rendah atau titik-titik tinggi. Selain itu, kita juga bisa menggunakan indikator yang tersedia di MT4 seperti Moving Average, Stochastics, MACD, RSI, CCI, dll.

Dengan menentukan bias atau arah pergerakan harga, paling tidak bisa membimbing trader "kira-kira" kemana arah harga untuk jangka waktu tertentu, ke atas atau ke bawah. Kata "kira-kira" diberi tanda petik agar kita menyadari bahwa penentuan bias atau arah ini juga memiliki kemungkinan salah prediksi. Oleh karena itu, meskipun sudah melakukan analisa arah harga, trader juga harus mewaspadai dan menyiapkan antisipasi bila arah harga tidak sesuai dengan perkiraan sebelumnya. Antisipasi ini adalah manajemen resiko yang bisa dilakukan dengan menentukan level stop loss atau level balik arah.

Sementara penentuan level support dan resisten diperlukan agar para trader memiliki level ancang-ancang dimana akan melakukan pembukaan posisi. Level support dan resisten ini juga bisa digunakan sebagai level ancang-ancang untuk melakukan stop loss atau balik arah. Cara penentuan level support dan resisten antara lain dengan melihat konsolidasi harga, dengan menarik garis fibonacci, dengan pivot level, dengan garis MA seperti yang dijelaskan dalam tulisan terdahulu: Tentukan Support dan Resisten Sebelum Trading.

Trader sudah harus menentukan apa yang harus dilakukan setelah harga menyentuh, melewati atau mendekati level support dan resisten tersebut. Apakah membuka posisi beli atau posisi jual, apakah sudah waktunya mengambil profit atau menghentikan kerugian. Bila trader sudah tahu apa yang harus dilakukan, trader tidak akan ragu lagi atau sudah mantap untuk melakukan trading hari ini.  Dengan demikian bertransaksi di pasar keuangan akan menjadi lebih nyaman.

Silahkan melatih strategi trading anda pada platform online trading dengan mendaftar demo account di sini.

Selamat bertransaksi!

Analisa forex, analisa index saham, analisa emas, analisa komoditi.

 

Kirim Komentar Anda


Komentar