Sabtu, 21 Oktober 2017

cfd  CFD

3 Tahun Vakum Investasi, Toyota Gelontorkan Uang untuk Pabrik Baru

Jumat, 3 April 2015 15:51 WIB
Dibaca 840

Monexnews - Setelah 3 tahun mempertahankan kapasitas produksinya, Toyota Motor Corp., bersiap membangun pabrik lagi dengan modal investasi mencapai $1,25 miliar. China dan Meksiko menjadi lokasi pilihan raksasa otomotif asal Jepang itu untuk membuat mobil-mobil andalannya.

Menurut laporan Wall Street Journal, pabrik baru Toyota mulai beroperasi pada tahun 2018 dan 2019 mendatang sehingga kapasitas produksi mobil terkerek beberapa ratus ribu unit per tahun. Produsen otomotif terbesar dunia itu akhirnya memutuskan berinvestasi lagi setelah sempat vakum dari selama 3 tahun demi kepentingan efisiensi.

Meski demikian, Toyota tidak absen mengembangkan teknologi peralatan dan engineering terbaru guna meningkatkan efisiensi produksi. Pihak Toyota sempat sesumbar mampu mengurangi biaya pembuatan fasilitas pabrik baru hingga 40% dari nilai proyek terakhirnya yang dilaksanakan tahun 2008 silam. Bos besar Toyota, Akio Toyoda, di hadapan investor bulan lalu berjanji segera melakukan perubahan besar-besaran untuk membuat produknya lebih bersaing di pasar otomotif dunia.

Bukan hanya untuk strategi bisnis, perubahan juga diterapkan dalam penunjukan posisi direktur perusahaan. Toyota Motor untuk pertama kalinya mengumumkan executive vice president non-Jepang kepada publik awal Maret lalu. Penunjukan warga asing sebagai bos perusahaan mencerminkan keseriusan produsen mobil terbesar dunia ini untuk memperluas bisnis ke luar negeri dan tidak kaku dalam menjalankan roda operasional. Adalah Didier Leroy, yang mendapat kehormatan untuk ikut mengabdi pada Toyota di kursi vice president. Alumnus Renault SA ini merupakan warga Prancis yang sekarang menjabat sebagai senior managing officer, dan sudah bergabung di Toyota sejak 1998. Toyota juga meminta chief communications officer Toyota Motor North America, Julie Hamp, untuk menjadi managing officer. Untuk ukuran korporasi Jepang, apa yang dilakukan oleh Toyota adalah sebuah terobosan karena biasanya perusahaan di sana lebih mengutamakan anak negeri untuk mengisi pos direksi. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar