Senin, 27 Maret 2017

cfd  CFD

Akhir 2014, Google Janjikan Mobil yang Bisa Menyetir Sendiri

Rabu, 28 Mei 2014 10:33 WIB
Dibaca 760

Monexnews - Terobosan kembali dilakukan Google di pertengahan tahun 2014. Salah satu perusahaan termahal di dunia ini dilaporkan membuat mobil listrik yang mampu menyetir sendiri ala pesawat terbang. Co-founder Sergey Brin mengatakan mobil tersebut sudah bisa diuji coba pada akhir tahun nanti.

Dalam wawancaranya dengan USA Today, Sergey Brin membocorkan proyek mobil otomatis kepada publik. Menurutnya, mobil listrik Google adalah versi compact dua kursi yang mampu mengemudikan sendiri sampai tujuan. Mobil canggih ini adalah bagian dari proyek pengembangan transportasi era modern yang dicanangkanoleh Google.

"Mobil kami dirancang untuk membantu orang yang tidak bisa mengemudikan mobil. Mungkin karena terlalu muda, terlalu tua, berkebutuhan khusus atau tidak mampu menjalankan kendaraan," kilahnya. Brin sangat antusias menggarap proyek mobil otomatis karena keberadaannya nanti bisa mengubah sejarah transportasi dunia. Untuk di awal, Google menargetkan pembuatan 100 sampai 200 unit mobil dalam waktu dekat.

Dari sisi teknis, Mobil Google tidak mempunyai setir, pedal maupun gas. Mekanisme kerjanya diatur oleh sensor dan software, yang akan menjalankan mobil secara efisien dan menghindarkan penggunanya dari potensi kecelakaan. Pembuatnya menyediakan tombol darurat untuk menghentikan kendaraan di saat kondisi darurat. Untuk versi pertama, mobil Google dirancang khusus untuk memenuhi faktor keamanan sehingga kecepatannya dibatasi sampai 25 mil per jam.

Brin belum bisa menjelaskan apakah proyek mobil canggih ini akan dikerjakan sendiri oleh Google atau diserahkan ke pihak lain. Namun ia memastikan bahwa segala konsep dan teknologi mobil sepenuhnya berada di tangan Google. Sementara dari sisi komersil, pemasaran mobil yang bisa menyetir sendiri diprediksi membutuhkan waktu yang lama karena pihak pengawas belum mengatur penggunaan mobil otomatis oleh publik. Rancangan model fisik mobil sudah dipublikasikan oleh Google beberapa saat lalu di akun Twitter resminya.

[Harga saham Google (NASDAQ:GOOG) ditutup pada posisi $565.95 atau menguat 2.40% pada sesi perdagangan Selasa (27/05).]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar