Selasa, 28 Maret 2017

cfd  CFD

Apple Bantah Tudingan Pengemplang Pajak

Rabu, 22 Mei 2013 18:50 WIB
Dibaca 393

Monexnews -

CEO Apple Tim Cook membela praktek perpajakan perusahaannya di hadapan anggota Senat Amerika Serikat (AS), Selasa. Cook berpendapat Apple selalu membayar pajaknya dan keberadaan anak perusahaannya di luar negeri tidak mempengaruhi pembayaran pajak Apple di Amerika.

Cook dihadirkan ke Capitol Hill, markas anggota Kongres AS, menyusul tudingan Apple tidak membayar pajak dari pendapatan luar negeri senilai $74 miliar selama empat tahun terakhir. Seperti diungkapkan laporan Subkomite Investigasi Permanen, yang dibentuk Senat AS, Senin lalu.

Senator Carl Levin, ketua panel tersebut, menuding Apple menggunakan manipulasi dan “perusahaan fiktif” guna menghindari pajak di AS dan Irlandia, markas besar operasi internasional Apple di luar AS.

Menurut temuan subkomite Senat itu, Apple memanfaatkan celah dalam undang-undang pajak AS dan Irlandia untuk mengurangi atau menghilangkan pajak korporasi senilai setidaknya $74 miliar pendapatannya dalam empat tahun terakhir. Investigasi itu tidak menemukan bukti adanya praktek ilegal yang digunakan Apple.

Apple tidak membantah tudingan bahwa anak perusahaan yang didirikannya tidak membayar pajak korporasi, namun menyangkal anak perusahaan ini dibentuk guna menghindari pajak. Apple mengatakan bahwa perusahaan tersebut membayar pajak lokal atas pendapatan luar negeri, dan pajak AS atas pendapatan yang datang dari investasinya di Irlandia.

Apple merujuk pada jumlah pajak pendapatan korporasinya yang “luar biasa” –$6 miliar pada 2012—dan mengatakan tarif pajak AS bagi Apple adalah 30,5% pada tahun lalu, tidak terlalu jauh dari 35%, tarif pajak sesuai undang-undang.

Meski diserang oleh para anggota Senat, Cook nampaknya tetap mengesankan anggota Senat dengan pesonanya. Ia berulang kali mengacungkan jempol terhadap penonton yang mengambil foto dengan iPhone. Beberapa Senator bahkan mengaku betapa mereka menyukai produk buatan Cook.

Ketika CEO Apple tersebut memperkenalkan diri ke Senator Kelly Ayotte, ia berkata, “ Senang bertemu Anda. Saya memiliki iPad.”

Levin, kritikus paling tajam terhadap Apple dalam pertemuan ini, juga mengaku bahwa ia adalah pengguna iPhone.

Rapat ini kian menegaskan adanya persamaan pendapat antara para CEO perusahaan dan para pembuat kebijakkan bahwa aturan pajak AS sangat memerlukan perubahaan.

Sistem pajak AS membutuhkan “penyederhanaan dramatis” yang netral terhadap pendapatan perusahaan, menghapus pengeluaran pajak korporasi, menurunkan tarif pajak secara keseluruhan dan mempermudah pemulangan uang dari luar negeri, ujar Cook.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar