Minggu, 24 September 2017

cfd  CFD

Apple Genjot Produksi Komponen Batu Safir

Selasa, 5 November 2013 10:16 WIB
Dibaca 431

Monexnews - Seiring dengan pesatnya perkembangan fitur dalam gadget belakangan ini, komponen yang dibutuhkan juga semakin variatif. Kalau dulu material logam dan plastik mendominasi bagian bodi ponsel pintar, kini jenis batu-batuan turut menjadi bahan baku penting.

Apple menanamkan komponen berbahan safir dalam seri iPhone terbarunya. Batu yang dulu hanya digunakan sebagai perhiasan itu kini menjadi bagian penting di bagian kamera dan fitur sidik jari iPhone 5s. Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs paham betul akan pentingnya konsistensi suplai safir di masa depan. Mengingat batu ini adalah komponen tetap untuk produk-produk yang akan datang.

Pada hari Senin kemarin, Apple menandatangani perjanjian bisnis dengan GT Advanced Technologies untuk beberapa tahun ke depan. Dalam kontrak disebutkan bahwa GT akan membuat komponen berbahan safir di pabrik Mesa, Arizona untuk keperluan produksi Apple. Di bawah klausul kesepakatan, GT akan membeli peralatan manufaktur yang diperlukan untuk membuat komponen safir di pabrik milik Apple. Sebagai ganjarannya, Apple akan memberikan uang sebesar $578 juta atau Rp6.5 triliun secara periodik mulai tahun 2015.

"Kami bangga karena dapat memperluas pabrik lokal kami di wilayah Arizona sekaligus membuka 2000 lapangan kerja baru di sektor mesin, manufaktur dan konstruksi," demikian tutur juru bicara Apple, Kristin Huguet kepada portal teknologi All Things D.

Pada saat mulai beroperasi nantinya, fasilitas produksi Apple tersebut akan membuka 700 lapangan kerja. Dalam skema kerjasama antara kedua perusahaan juga tercantum kewajiban bagi GT untuk mengembangkan suatu sistem produksi komponen safir dengan kapasitas besar, hemat biaya dan berkualitas tinggi di masa depan. Prasyarat ini mengindikasikan keinginan Apple untuk menjadikan safir sebagai bagian penting dalam teknologi layar sentuh produk-produknya.


*Harga saham Apple ditutup pada posisi $526.75 atau naik 1.29% pada sesi perdagangan Senin (04/11).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar