Jumat, 28 Juli 2017

cfd  CFD

Apple-Google Rajai Bisnis Aplikasi Mobile

Selasa, 9 April 2013 10:58 WIB
Dibaca 580

Monexnews - Bisnis jual beli aplikasi menawarkan potensi laba yang besar bagi produsen layanan mobile dunia. Dari download aplikasi yang dilakukan oleh para penggunanya, perusahaan seperti Apple, Google, dan Blackberry bisa meraup penghasilan lumayan.

Lembaga riset Canalys kemarin merilis laporan tentang penggunaan aplikasi untuk perangkat mobile oleh konsumen dunia. Berdasarkan laporan tersebut, penghasilan dari bisnis download aplikasi Apple Store merupakan yang terbanyak dibanding rival-rivalnya. Google menyusul di belakang besutan mendiang Steve Jobs itu, sekaligus meninggalkan dua kompetitor lain yang sedang kesulitan menembus pasar yakni Blackberry dan Windows.

Dari total angka pembelian dan pengunduhan aplikasi mobile di seluruh dunia, aplikasi Apple Store menguasai persaingan dengan 74% market share. Sementara Google, Blackberry dan Windows Store berbagi jatah sisanya yang sebesar 26%. Berikut ini adalah beberapa fakta yang tampak dari hasil penelitian Canalys:

- Download aplikasi dari keempat store (Apple, Google, Blackberry dan Windows) mencapai 13,4 miliar di kuartal pertama atau naik 11% dibandingkan triwulan sebelumnya.

- Penghasilan bagi produsen dari bisnis aplikasi menembus $2,2 miliar atau naik 9% dibanding perolehan di kuartal IV 2012.

- Negara berkembang seperti Afrika Selatan, Brazil dan Indonesia memperlihatkan angka pertumbuhan tertinggi dalam hal pengunduhan aplikasi. Namun pihak produsen belum menikmati laba signifikan dari konsumen di ketiga negara tersebut.

- Di wilayah yang lebih dulu akrab dengan aplikasi mobile seperti Amerika Utara, jumlah download dan penghasilan tercatat naik 8% dan 6%.

- Di wilayah Eropa, jumlah unduh dan penghasilan dari bisnis aplikasi naik 8% dan 10%.

- Apple Store meraih penghasilan terbesar dari bisnis ini dengan nilai pemasukan mencapai 74% dari total uang yang berputar di seluruh dunia.

- Dalam urusan jumlah download, Google mendominasi pasar dengan rasio 51% kemudian disusul oleh Apple. Hal ini dimungkinkan karena banyap pengguna ponsel dan tablet Android memilih untuk melakukan download aplikasi gratis ketimbang aplikasi berbayar. Terlebih lagi sebagai pengusung konsep Open Source, Android lebih banyak dijejali aplikasi dari developer yang jumlahnya terus bertambah dari waktu ke waktu.

Harga saham Apple ditutup naik 0,7% ke $426.21 pada sesi perdagangan semalam dan saham Google turun 0,7% ke $774.85. Sementara saham Blackberry dan Microsoft masing-masing turun 0,2% dan 0,4% ke level $14.67 dan $28.59. 

 

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar