Kamis, 25 Mei 2017

cfd  CFD

Arogan dalam Servis dan Garansi, Apple Minta Maaf kepada China

Selasa, 2 April 2013 12:47 WIB
Dibaca 560

Monexnews - China merupakan pasar teknologi terbesar ke-dua dunia setelah Amerika Serikat. Wilayah negara ini menjadi area pemasaran favorit bagi perusahaan-perusahaan pemasok gadget dan ponsel cerdas, tidak terkecuali Apple Inc. Sayangnya sambutan konsumen China terhadap datangnya berbagai produk baru tidak diimbangi oleh respon memuaskan dari pihak perusahaan.

Apple beberapa waktu terakhir menuai kecaman dari berbagai media China karena dianggap meremehkan aspirasi konsumen di negara itu. Produsen iPhone tersebut diklaim me-nomorduakan layanan servis dan garansi bagi warga China yang ingin memperbaiki perangkatnya. Dua pekan lalu, Televisi Pusat China sampai mempublikasikan berita yang memaparkan betapa buruknya layanan servis iPhone dan iPad Apple kepada para pengguna setia.

Merespon pemberitaan ini, Tim Cook merilis permohonan maafnya ke publik sebagaimana diminta oleh lembaga konsumen China pekan lalu. Demikian bunyi permohonan maaf CEO Apple yang baru saja dipublikasikan:

"Dalam dua pekan terakhir, kami telah menerima masukan tentang kualitas garansi dan servis Apple di China. Kami telah mempelajari semua masukan tersebut secara mendalam, mengevaluasinya serta memperbaiki dan menyesuaikan kebijakan dengan pihak pengawas. Kami juga meninjau kembali garansi terhadap perangkat keras dan meminta kepatuhan dari pihak penyedia layanan Apple di China. Dalam proses tersebut, kami menyimpulkan bahwa banyak pihak telah menilai cara komuikasi kami sangat arogan, atau kami tidak peduli dengan semua masukan itu. Dengan setulus hari, kami meminta maaf kepada seluruh pelanggan kami atas segala kebingungan yang timbul dari sikap kami selama ini."

Sebagai kompensasi atas kelalaian perusahaan dalam melayani konsumennya, pihak Apple memberikan fasiltas garansi yang berbeda dibandingkan konsumen di negara lain. Pertama, semua perbaikan di China akan menggunakan suku cadang baru (bukan rekondisi). Ke-dua, ponsel dan tablet yang sudah diperbaiki akan mendapat garansi tambahan selama 1 tahun dari tanggal perbaikan. Tim Cook juga memastikan kalau seluruh perangkat komputer Apple, termasuk iPad, mendapat garansi komponen utama dua tahun.

"Kami menghargai seluruh masukan yang sudah diberikan, dan kami memiliki rasa hormat yang besar terhadap China. Apple selalu memikirkan layanan terbaik bagi konsumen di negara ini." Demikian bunyi salam penutup yang ditulis Tim Cook. Harga saham Apple (AAPL) dinihari tadi (01/04) ditutup pada level $428.91 atau turun 3,11% dibanding level penutupan sebelumnya.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar