Selasa, 28 Maret 2017

cfd  CFD

Arus Kas Sehat, Saham Nokia Diburu Lagi

Rabu, 30 Oktober 2013 12:09 WIB
Dibaca 462

Monexnews - Harga saham Nokia sempat menguat drastis pada awal sesi pembukaan hari Selasa (29/10) waktu New York. Optimisme pihak manajemen terhadap prospek bisnis perseroan di masa depan membuat saham produsen ponsel ini kembali diburu.

Nokia baru saja melakukan transformasi bisnis besar-besaran dengan menjual bisnis perangkat mobile-nya kepada Microsoft. Perusahaan lebih memilih untuk fokus menggarap bisnis peralatan telekomunikasinya. Pihak direksi optimis keputusan strategis tersebut akan mampu memperkuat kinerja keuangan. "Pasca tuntasnya proses transaksi dengan Microsoft, Nokia akan mencatat kemajuan dalam aspek pendapatan, posisi keuangan dan fondasi solid untuk berinvestasi lebih banyak lagi," ujar Direktur Keuangan, Timo Ihamuotila di tengah pengumuman laporan laba rugi perusahaan.

Pada kuartal III lalu, pemasukan Nokia memang tidak sebagus perkiraan pelaku pasar, akan tetapi jumlah profit-nya justru lebih baik. Semua itu berkat beberapa aksi strategis yang dilakukan sepanjang tahun ini. Pada bulan Juli, Nokia membayar 1.7 miliar Euro untuk mengambil alih unit bisnis peralatan telekomunikasi pada joint venture (50-50)yang sebelumnya dimiliki bersama Siemens. Kemudian di bulan September, Nokia menjual bisnis ponselnya kepada MIcrosoft dengan nilai transaksi 5.4 miliar Euro. Momen tersebut sekaligus mengakhiri usainya persaingan dengan pemain besar seperti Apple dan Samsung karena sejak saat itu nasib penjualan ponsel berada di tangan perusahaan milik Bill Gates.

Deal dengan Microsoft membuat Nokia lebih kaya 8 miliar Euro dibandingkan sebelumnya. Arus kas sebesar itu bisa digunakan dalam berbagai cara, termasuk untuk menyenangkan hati pemegang saham. Selain memiliki opsi buyback, Nokia bisa saja menghadiahkan dividen istimewa kepada mereka yang setia menanamkan modalnya di bekas produsen ponsel terbesar sejagad. Ekspektasi itulah yang membuat harga sahamnya (NOK) naik semalam dan ditutup pada posisi $7.45 atau melesat 10.37%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar