Kamis, 30 Maret 2017

cfd  CFD

Bermodal $1 miliar, Google Mulai Proyek Satelit Internet

Selasa, 3 Juni 2014 10:45 WIB
Dibaca 764

Monexnews - Google bersiap mewujudkan ambisinya untuk menyediakan layanan internet tanpa batas ke seluruh dunia. Berbekal dana $1 miliar, raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini mulai membuat 180 satelit pemancar internet. Modal sebesar itu belum termasuk biaya akuisisi perusahaan pembuat satelit, Titan. 

Satelit-satelit itu nantinya akan berfungsi sebagai pemancar sinyal ke wilayah-wilayah yang selama ini tidak terjangkau sambungan internet di seluruh dunia. Berbeda dengan satelit tradisional, satelit buatan Google dirancang untuk mengorbit dengan ketinggian yang lebih rendah di angkasa. Proyek satelit merupakan kelanjutan dari proyek Project Loon yang belum lama diluncurkan. Loon sendiri menggunakan balon sebagai pembawa sinyal internet bagi warga di beberapa bagian negara Selandia Baru, yang sebelumnya tidak bisa menjangkau layanan dunia maya. Kini dengan dimulainya proyek satelit, Google bertekad untuk membangun jaringan sinyal yang lebih kuat dan stabil dengan alat pemancar yang diterbangkan dekat atmosfir bumi.

Proyek satelit akan dipimpin oleh Greg Wyler, pendiri perusahaan spesialis jaringan, O3B Networks. Bersama 20 orang anak buah, ia akan melaporkan langsung perkembangan proyek kepada CEO Larry Page. Sementara untuk perangkat kerasnya, Google akan memakai produk buatan anak usaha Titan Aerospace, yang baru saja dibeli dengan harga mahal. Titan akan memproduksi satelit bertenaga matahari yang mampu terbang selama lima tahun dan dinamakan 'Satelit Atmosfir'.

Kalaupun ada faktor yang bisa mengganjal manfaat dari proyek ini, tak lain adalah soal aturan hukum. Apabila satelit-satelit Google benar-benar layak beroperasi, maka sebagian besar wilayah di dunia akan terkoneksi sambungan internet. Perusahaan operator telekomunikasi bisa kehilangan pelanggan karena jangkauan jaringannya kalah luas dibandingkan satelit Google. Otoritas industri harus memutar otak untuk menjaga kepentingan pelaku bisnis sebelum merestui gebrakan teknologi ala Google.

[Harga saham Google (NASDAQ:GOOG) ditutup pada posisi $553.93 atau melemah 1.06% pada sesi perdagangan reguler hari Senin (02/06)]

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar