Kamis, 21 September 2017

cfd  CFD

Bersaing di Video Online, Facebook Masih Jauh di Belakang Youtube

Kamis, 23 Juli 2015 13:58 WIB
Dibaca 1721

Monexnews - Facebook memang terus menerus mengembangkan aplikasinya supaya makin familier dengan para penyuka video klip. Tetapi usaha Mark Zuckerberg dan kolega masih belum mampu menggoyang dominasi Youtube, yang memang sudah kadung mapan untuk urusan website video.

Facebook dilaporkan mampu menarik penggunanya untuk melihat video sebanyak 4 miliar kali di dalam websitenya per hari. Hal ini mendorong para kreator dan konten developer untuk lebih serius menggarap videonya supaya bisa dilihat oleh masyarakat banyak. Tetapi jika harus memilih, mayoritas penggiat dunia digital lebih suka membuat dan mengupload hasil karyanya ke Youtube, situs khusus video milik Google. Menurut newsletter yang dirilis oleh Digital Media Insider, Youtube masih jadi prioritas untuk mempublikasikan karya kreatif karena:

1. Pengunjung Youtube memang log-in untuk melihat video, sedangkan tujuan utama dari pengguna Facebook adalah untuk memeriksa akun jejaring sosialnya. Dengan basis pengguna sebanyak lebih dari 1 miliar orang, pembuat video lebih punya basis viewers yang kuat. Sebagai contoh, 68% pembuat konten di Youtube juga mengupload videonya ke Facebook di bulan Mei. Tapi hanya di Youtube-lah jumlah view meningkat secara konsisten, dibandingkan pada media sosial lainnya (data Tubular Labs).

2. Kreator video di Youtube bisa mendapatkan uang di Youtube. Google sebagai pemilik, membagikan 55% pemasukan dari iklan kepada pembuat video. Facebook dikabarkan ingin mengikuti langkah ini namun sampai sekarang eksekusinya belum berjalan. Jadi, tidak heran jika pengunggah video kurang antusias untuk serius menggarap video Facebook.

Dua alasan di atas menjadi poin utama yang membedakan Youtube dan Facebook, dari aspek bisnis pemutara video online. Peta persaingan keduanya dalam beberapa waktu ke depan tidak akan berubah kecuali Mark Zuckerberg dan koleganya meluncurkan suatu terobosan yang luar biasa. Sampai saat itu tiba, pembuat dan pemirsa video masih akan membanjiri traffic ke Youtube. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar