Rabu, 18 Oktober 2017

cfd  CFD

Biaya Pembuatan Apple Anyar Hanya Sekitar Rp 2 Juta

Rabu, 25 September 2013 13:45 WIB
Dibaca 678

Monexnews - Walaupun dijual dengan banderol relatif mahal, biaya pembuatan iPhone baru sesungguhnya tidak sebesar yang dipikirkan khalayak umum. Fakta tersebut diungkap oleh lembaga riset IHS, yang baru saja membedah harga satuan komponen-komponen ponsel buatan Apple Inc.

Dalam penelitiannya, IHS dan tim website All Things D memisahkan bagian-bagian dari iPhone untuk kemudian dihitung total biaya produksi per unit. Kisaran biaya pembuatan iPhone 5S dengan memori kapasitas 16GB adalah sebesar $199 atau setara Rp2,2 juta jika memakai kurs 11.000 per Dollar. Sementara untuk model 64GB, biaya pembuatannya adalah sekitar $218 atau Rp2.5 juta.

Salah satu poin yang mengejutkan dalam hasil penelitian adalah perbedaan harga antara varian 5S dan versi murah iPhone 5C yang relatif tipis. Untuk membuat satu unit 5C, Apple diprediksi menghabiskan biaya berkisar di $173 sampai $183. Menurut penilaian IHS yang dilansir oleh CNBC, selisih biaya produksi cukup tipis karena sebenarnya komponen dalam dua jenis iPhone anyar itu tidak jauh berbeda.

"Saya bisa bilang mayoritas komponen keduanya sama, kecuali adanya sensor sidik jari, prosesor A7 dan chip memori hemat energi yang dimiliki oleh iPhone 5S," ujar Andrew Rassweiler, Analis IHS. Selain ketiga komponen tersebut, sisa bagian lainnya dalam iPhone 5S dan 5C bisa dibilang identik. Komponen termahal dalam iPhone adalah bagian-bagian yang berperan dalam pengoperasian layar display. Jika digabungkan, seluruh bagian layar menghabiskan biaya sebesar $41 per unit. Perusahaan-perusahaan yang ikut ambil bagian dalam pembuatan komponen itu antara lain Sharp, Japan Display dan LG Display.

Beberapa bulan sebelum diluncurkan, banyak pengamat memprediksi harga jual iPhone 5C lebih murah dibandingkan 5S. Namun setelah resmi beredar, selisih banderol keduanya justru relatif tidak jauh berbeda. iPhone 5C kapasitas 16GB (tanpa kontrak operator) dijual dengan harga $549 atau sekitar Rp6.3 juta di Amerika Serikat sedangkan 5C kapasitas 32GB dipatok senilai $649 per unit. Adapun harga iPhone 5C berada di kisaran $649 sampai $849 atau Rp7.5 juta sampai Rp9.8 juta tanpa kontrak dengan operator. Pihak Apple belum berkomentar terkait hasil estimasi biaya pembuatan Apple versi IHS tersebut. Harga saham Apple Inc (AAPL) ditutup pada posisi $489.10, turun 1.5% pada sesi perdagangan hari Selasa (24/09).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar