Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

cfd  CFD

Bill Gates Diminta Lengser dari Posisi Chairman Microsoft

Rabu, 2 Oktober 2013 10:31 WIB
Dibaca 675

Monexnews - Kabar mengejutkan muncul dari Amerika Serikat awal pekan ini. Beberapa pemegang saham Microsoft dilaporkan menghendaki supaya Bill Gates lengser dari posisinya sebagai chairman perusahaan.

Sebanyak 3 dari 20 investor utama Microsoft diberitakan telah melobi jajaran direksi untuk memaksa Bill Gates turun. Mereka konon tidak puas dengan kinerja perusahaan dan menginginkan adanya reformasi secara struktural. Kabar ini terbilang mengejutkan karena sasaran tembak langsung tertuju kepada sosok yang mendirikan Microsoft 38 tahun silam. Walaupun investor sudah sejak lama tidak puas dengan kinerja dan harga saham perusahaan, biasanya figur yang dituding gagal melaksanakan tugasnya adalah Steve Ballmer. Chief Executive Microsoft ini sendiri sudah mengutarakan niatnya untuk pensiun tahun depan karena alasan pribadi.

Belum ada indikasi bahwa jajaran direksi akan meluluskan permintaan ketiga investor, yang secara kolektif menguasai lebih dari 5% saham perusahaan. Namun diskusi tetap berlanjut sehingga tidak tertutup kemungkinan datangnya aspirasi serupa dari pemegang saham lain. Keberatan investor terhadap kepemimpinan Gates lebih kepada peran sakralnya di tampuk kepemimpinan Microsoft. Gates dianggap sebagai sosok kolot yang tidak membuka jalan untuk datangnya inovasi bisnis baru. Alasan itulah yang dinilai menjadi penghambat kinerja perusahaan di tengah ketatnya persaingan dunia teknologi dunia. Lebih dari itu, Gates dipandang selalu mengintervensi proses pemilihan eksekutif termasuk dalam kontestasi pengganti Steve Ballmer.

Sebagai investor perorangan terbesar, Bill Gates memiliki 4.5% saham di perusahaan yang asetnya secara total mencapai $277 miliar ini. Sebelum go public di tahun 1986, ia menguasai 49% saham dan kemudian menjual 80 juta sahamnya setiap tahun sebagai bagian rencana bisnis Microsoft. Apabila langkah seperti ini terus dilanjutkan, maka pada tahun 2018 nanti Gates tidak akan memiliki saham keuangan sama sekali di Microsoft. Pria yang rutin masuk dalam daftar orang terkaya dunia ini mengurangi eksposur kekuasaannya di perusahaan pada tahun 2000 dengan menyerahkan tongkat estafet CEO kepada Steve Ballmer. Bersama istrinya, Melinda, Bill Gates lebih sering menghabiskan waktu dalam kegiatan sosial via Bill and Melinda Gates Foundation. Berbekal kas senilai $38 miliar, keduanya merancang program kemanusiaan yang terfokus pada pemberdayaan anak-anak terlantar dan pengentasan kemiskinan. Aksi filantropis Gates di bidang sosial juga menuai kecaman dari investor yang menginginkannya lengser. Ia dianggap mengabaikan bisnis Microsoft karena lebih suka mengurus yayasannya. Harga saham Microsoft ditutup pada posisi $33.58 pada sesi perdagangan hari Selasa (01/10) atau naik 0.9% dibanding level pembukaan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar