Sabtu, 22 Juli 2017

cfd  CFD

Bisnis Menurun, Qualcomm Rampingkan Pos Pengeluaran

Kamis, 23 Juli 2015 12:46 WIB
Dibaca 1977

Monexnews - Sebuah kejutan diumumkan oleh Qualcomm beberapa jam lalu. Perusahaan pembuat chip elektronik ini dengan berat hati mengutarakan niat pengurangan karyawan sebanyak 15%. PHK dilakukan guna menghemat biaya operasional sekitar $1,4 miliar.

Menurut sumber dalam Wall Street Journal, Qualcomm juga sedang menimang rencana pemisahan anak usaha, terutama unit bisnis yang kurang berhasil mencetak omset. Harga saham Qualcomm langsung melonjak 2% di sesi perdagangan after-hours sebelum akhirnya melemah hampir 2,5%. Perusahaan teknologi ini membukukan laba kuartal III yang angkanya lebih bagus dibandingkan perkiraan analis saham meski nilai omsetnya gagal menemui target. Laba Qualcomm di triwulan III sebesar 99 sen per saham dari total penghasilan $5,83 miliar. Sementara Wall Street memperkirakan laba 95 sen dari omset $5,85 miliar.

Perusahaan terpaksa menurunkan target pendapatannya untuk akhir kuartal IV mendatang. Hal ini terpaksa dilakukan karena jumlah permintaan dan penjualan menurun khususnya di China. Qualcomm memang sedang mengalami periode sulit dalam bisnisnya karena ada persaingan baru dari produsen lain, terutama menyangkut harga jual. Oleh karena itulah perusahaan akan berupaya memangkas biaya di sana sini guna menurunkan beban belanja yang mencapai $7,3 miliar per tahun. Pihak direksi juga akan mengurangi alokasi dana kompensasi saham sekitar $300 juta di akhir tahun 2016 mendatang.

Walaupun agresif melakukan efisiensi anggaran, Qualcomm masih menyimpan ambisi untuk memperluas bisnisnya. Salah satu caranya adalah dengan menjalin kerjasama dengan Jana Partners. Tiga orang pejabat perusahaan hedge funds itu akan masuk ke dalam jajaran direksi Qualcomm untuk mengawasi program restrukturisasi usaha. Sebagain informasi, harga saham Qualcomm sudah anjlok sebanyak 20% selama 12 bulan terakhir dan kemarin ditutup pada posisi $64.19. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar