Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

cfd  CFD

Blackberry Segera PHK Nyaris Separuh Karyawan

Kamis, 19 September 2013 12:59 WIB
Dibaca 492

Monexnews - Berita buruk kembali menimpa Blackberry, khususnya bagi para pekerja yang mengabdi di dalamnya. Pihak direksi berencana mem-PHK sebanyak 40% karyawan demi mengurangi beban biaya operasional.

Harga saham Blackberry anjlok pada sesi perdagangan Rabu (18/09) pasca beredar kabar pemecatan nyaris separuh karyawan di perusahaan asal Kanada itu. Saham Blackberry sempat merosot 5% sebelum akhirnya ditutup pada posisi $10.40 atau terkoreksi 1.5%. Menurut berita yang dimuat oleh Wall Street Journal, perusahaan segera menuntaskan rencana PHK sebelum akhir tahun 2013. "Pemangkasan jumlah karyawan berlaku untuk seluruh divisi secara bertahap," demikian kutipan artikel di harian tersebut.

Juru bicara Blackberry, Lisette Kwong, dalam surat elektroniknya menolak berkomentar tentang isu PHK. Namun di saat bersamaan ia mengakui bahwa perusahaan sedang berada dalam tahap ke-dua dari program reformasi bisnis dan berupaya memastikan kalau orang-orang yang bekerja sesuai dengan posisinya masing-masing. Pernyataan Kwong mengindikasikan bahwa pihak direksi memang tengah menggodok siapa karyawan-karyawan yang harus dipertahankan dan siapa yang tidak.

Tanda-tanda putusan PHK sudah terlihat bulan lalu, kala perusahaan menegaskan upayanya untuk menjalankan strategi bisnis alternatif selain menjual kepemilikan saham. Kegagalan produk berbasis Blackberry 10 menjadi pemicu kehancuran bisnis setelah penjualannya hanya mencapai 2.7 juta unit sampai kuartal II 2013. Pangsa pasar korporasi yang dulu didominasi oleh Blackberry sudah diambil alih oleh Apple dan Android, yang diklaim oleh banyak konsumen lebih mumpuni dijadikan sarana komunikasi bisnis. Pertaruhan masa depan Blackberry kini tergantung pada sukses atau tidaknya keputusan untuk melepas aplikasi BBM ke pasar lintas platform. Mulai tanggal 21 dan 22 September 2013, produk messenger andalan Blackberry ini mulai bisa beroperasi di ponsel Android dan Apple. Buah dari kebijakan melepas aplikasi chat BBM akan sangat menentukan nasib bisnis perusahaan di masa depan.

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar