Sabtu, 22 Juli 2017

cfd  CFD

Boeing Digugat Awak Kabin karena Kebocoran Udara

Kamis, 25 Juni 2015 10:41 WIB
Dibaca 2737

Monexnews - Pembuat pesawat terbang terbesar dunia, Boeing, digugat ke pengadilan Amerika Serikat. Bukan oleh penumpang, tuntutan hukum justru datang dari awak kabin yang sehari-hari menjalankan aktivitasnya di udara.

Menurut pengacara dari 4 awak kabin Alaska Airlines yang menggugat Boeing, beberapa pesawat memiliki kekurangan yang bisa membahayakan keselamatan kru udara. Mereka mengklaim ada hembusan udara yang masuk ke kabin dari mesin jet 737 karena kebocoran sekat. Hal ini seperti ini memang terdengar biasa, namun beritanya menjadi tidak lumrah karena konon udara tersebut mengandung zat beracun yang berasal dari oli mesin. Awak yang menghirup udara dari mesin ini dilaporkan mengalami pusing-pusing dan mual seketika. Menurut kuasa hukum keempat kru, kejadian ini rata-rata terjadi pada satu penerbangan setiap harinya sehingga dikhawatirkan membahayakan kesehatan.

Dalam email internal-nya, Boeing memang pernah mengatakan kalau setidaknya satu pesawat harus dialihkan setiap dua pekan karena ada laporan keracunan udara di kabin. "Semua tergantung FAA (Pengawas Penerbangan) untuk memutuskan masalah ini," demikian salah satu pernyataan bos Boeing dalam memo internal tersebut. Satu-satunya jenis pesawat Boeing yang saluran udara mesinnya tidak satu jalur dengan sirkulasi udara dalam kabin adalah seri Dreamliner 787.

Pihak perusahaan bersikukuh kalau gugatan hukum ini adalah kampanye negatif untuk mendiskreditkan kualitas pesawat buatannya. "Sikap kami tetap sama, udara di kabin pesawat kami aman," demikian respon perusahaan. Pernyataan tersebut mengacu pada rekomendasi dan standar kelayakan yang mereka terima dari FAA dan kampus-kampus peneliti.

[Harga saham Boeing Co. (NYSE:BA) ditutup melemah ke 1% ke posisi $142.99 pada sesi perdagangan 24 Juni 2015.] (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar