Kamis, 30 Maret 2017

cfd  CFD

Bos Amazon Berencana 'Kawinkan' Washington Post dan Kindle

Rabu, 8 Oktober 2014 13:30 WIB
Dibaca 453

Monexnews - Chief Executive Officer (CEO) Amazon, Jeff Bezos, mengungkapkan ambisinya dalam upaya pengembangan bisnis Washington Post. Miliarder Amerika Serikat ini ingin mengangkat perusahaan medianya itu ke level nasional dengan memasukkan layanannya ke dalam aplikasi Amazon.

Seperti diketahui, bos Amazon Jeff Bezos telah membeli koran Washington Post tahun lalu untuk menambah portofolio pribadinya. Keputusannya itu sempat memunculkan skeptisme dari banyak pihak karena pada saat itu Washington Post sudah hampir bangkrut akibat kerasnya persaingan di industri media cetak dan pesatnya kemajuan media online. Namun Bezos berkeyakinan bahwa salah satu perusahaan media tertua di Amerika itu masih memiliki daya jual di mata konsumen.

Untuk memperluas cakupan pembacanya, Jeff Bezos akan menjadikan Washington Post sebagai media nasional. Caranya adalah dengan merambah layanan online yang bisa diakses melalui gadget dan perangkat mobile seperti produk tablet Amazon. Dalam beberapa bulan terakhir, tim dari Washington Post berusaha keras merancang aplikasi koran elektronik yang kompatibel dengan tablet PC agar pembaca bisa mengakses informasi tanpa harus membeli koran fisik. Aplikasi ini akan ditanamkan langsung (pre-installed) ke perangkat tablet Amazon Kindle Fire, yang rencananya akan diluncurkan musim gugur yang akan datang.

Bagi pemilik Kindle Fire terbaru, aplikasi Washington Post bisa diakses secara gratis sebelum akhirnya bisa juga dinikmati oleh pengguna Android dan iOS Apple dengan dipungut biaya langganan. Bezos menamai misi go-online Washington Post dengan sebutan Project Rainbow atau Proyek Pelangi.

CEO Amazon ini memang sangat serius menggarap bisnis di perusahaan barunya. Ia bahkan sampai harus merekrut 100 jurnalis baru dan melakukan efisiensi dengan memangkas biaya pensiun dan berbagai tunjangan bagi karyawan Washington Post. Kolaborasi antara aplikasi Washington Post dan tablet Kindle diharapkan bisa meningkatkan daya tarik konsumen terhadap media online dan mengerek penjualan tablet PC buatan Amazon. Jeff Bezos sendiri belum mengeluarkan komentar resmi apapun terkait rencana 'perkawinan' dua unit bisnis beda industri ini.

[Harga saham Amazon.com (NASDAQ:AMZN) ditutup pada posisi $316.98 atau melemah 1,62% pada sesi perdagangan hari Rabu (08/10).]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar