Kamis, 23 Maret 2017

cfd  CFD

Bos Wanita General Motors Diganjar Gaji Rp173 Miliar

Selasa, 11 Februari 2014 13:52 WIB
Dibaca 627

Monexnews - Chief Executive Ofiicer General Motors (GM) yang baru, Mary Barra, dipastikan mendapat paket remunerasi yang lebih besar dibandingkan pendahulunya, Dan Akerson. Bos otomotif wanita pertama di Amerika Serikat ini berhak atas pendapatan yang totalnya mencapai $14.4 juta atau setara Rp173 miliar per tahun 2014.

Mary Barra resmi menjabat sebagai bos General Motors pada 15 Januari lalu untuk menggantikan Dan Akerson, yang masa jabatannya baru berakhir. Sepanjang masa kepemimpinannya nanti, Barra akan menerima upah dan tunjangan yang nominalnya menembus $14.4 juta per tahun buku, di mana sebagian besar kompensasi dibayarkan dalam bentuk bonus saham jangka panjang setelah ia menuntaskan masa jabatannya. Jika dihitung secara keseluruhan, paket yang diterima oleh Barra 60% lebih banyak ketimbang jumlah pendapatan yang dibawa pulang oleh Akerson untuk periode buku 2013 lalu. Pada periode terakhir kepemimpinannya, Dan Akerson 'hanya' diganjar penghasilan $9 juta dan bonus kinerja untuk tahun fiskal 2013.

Kebenaran tentang jumlah gaji dan tunjangan yang diterima oleh bos-bos GM biasanya sangat diawasi oleh Departemen Keuangan Amerika Serikat. Pemerintah memang (sempat) berkepentingan mengawasi pos pengeluaran raksasa otomotif ini karena pihak Washington lah yang menyuntikkan dana bailout kepada GM di tahun 2009. Namun mekanisme pengawasan anggaran tersebut sudah tidak berlaku lagi sejak bulan Desember lalu karena depkeu sudah menjual sisa sahamnya di GM sehingga pemerintah tidak berhak lagi mencampuri urusan perusahaan, termasuk soal besaran gaji direksi.

Kontroversi sempat mencuat pekan lalu pasca munculnya laporan media Fox Business dan ThinkProgress, yang menyebut kalau jumlah penghasilan Mary Barra lebih sedikit dibandingkan paket remunerasi Dan Akerson. Respon media tersebut muncul setelah pihak GM mengumumkan jumlah gaji pokok dan bonus jangka pendek untuk Barra, namun belum melaporkan berapa jumlah bonus saham jangka panjang bagi bos barunya itu. "Kompensasi Mary Barra tidak lebih sedikit dibandingkan pendahulunya. Spekulasi itu muncul karena kami (pada saat itu) memang belum mengumumkan kompensasi pembayaran untuk jangka panjang," kilah Greg Martin, Juru Bicara GM kepada media.

[Saham General Motors (NYSE:GM) ditutup pada harga $34.90 atau melemah 3.35% pada sesi reguler perdagangan hari Senin (10/02)]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar