Senin, 25 September 2017

cfd  CFD

Burger King Dihebohkan Temuan Daging Kuda

Jumat, 1 Februari 2013 11:15 WIB
Dibaca 557

Monexnews - Kasus tidak sedap baru saja menerpa perusahaan gerai restoran asal Amerika Serikat. Burger King (NYSE:BKSW) memutus kontrak dengan supplier daging asal Eropa, Silvercrest Foods, setelah muncul indikasi adanya daging kuda dalam produk yang mereka kirimkan selama ini.

Silvercrest bertanggungjawab terhadap pengiriman daging untuk restoran-restoran Burger King di Inggris, Irlandia dan Denmark. Dalam sebuah inspeksi ke fasilitas pemotongan Silvercrest, pihak Burger King menemukan adanya kandungan DNA kuda skala kecil di tempat. Pun demikian, pihak perusahaan tidak menemukan adanya kandungan DNA serupa pada daging-daging burger mereka di ketiga negara itu.

Dalam pernyataannya, pihak Burger King mengumumkan bahwa tidak pernah ada daging kuda dalam produk burger yang mereka jual. Hasil temuan di fasilitas Silvercrest kemungkinan besar berasal dari supplier sub-kontrak yang berlokasi di Polandia. "Kami sangat terkejut dengan hasil temuan ini, dan meminta maaf kepada seluruh pelanggan yang sudah mempercayai kami sebagai penyedia burger dengan kualitas terbaik," ujar Diego Beamonte, Vice President Burger King, Global Quality Division.

Juru bicara Burger King, Kristen Hauser, dalam surat elektroniknya menegaskan restoran yang berlokasi di Amerika tidak menggunakan daging dari Silvercrest. "Kami melakukan kontrol ketat untuk memastikan pelanggan kami mendapat menu sesuai standar," ujar Hauser. Awal bulan ini, pengawas bahan pangan Irlandia mengatakan daging-daging asal Silvercrest tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Sementara Departemen Pertanian mengumumkan bahwa temuan daging kuda di fasilitas Silvercrest relatif kecil, yakni hanya 4%.

Selain ke Burger King, Silvercrest juga menyuplai daging segar ke jaringan toko ritel Tesco di Inggris. Tesco juga sudah memutus kerjasama ini karena menemukan adanya daging kuda dalam produk yang dikirimkan oleh supplier-nya itu. Melalui induk usahanya, ABP Food Group, Silvercrest mengumumkan perubahan manajemen secara total di tempat temuan daging kuda. Pihak direksi bahkan menginstruksikan prosedur tes DNA guna mencegah masalah sejenis di masa depan. "Kami bangga dengan reputasi dan tidak akan membiarkan masalah ini membayangi kemajuan bisnis kami," urai Paul Finnerty, CEO ABP Food. Harga saham Burger King semalam ditutup pada level $17.75 atau melemah 0,34%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar