Selasa, 25 Juli 2017

cfd  CFD

CEO Starbucks Lepas Jabatan di Perusahaan Joint Venture

Kamis, 31 Oktober 2013 11:35 WIB
Dibaca 531

Monexnews - Perusahaan pembayaran digital Square beberapa jam lalu mengumumkan bahwa CEO Starbucks, Howard Schultz, mundur dari jajaran direksi. Sebagai penggantinya, Square menunjuk mantan bos keuangan Goldman Sachs, David Viniar.

Square merupakan perusahaan pembayaran yang didirikan oleh Jack Dorsey dan koleganya. Pada musim panas lalu, Starbucks menawarkan suatu pola bisnis kemitraan kepada Square sekaligus menanamkan modalnya sebesar $25 juta. Sebagai kompensasi dari investasi itu, CEO Howard Schultz mendapat satu kursi di dewan direksi Square.

Trend transaksi elektronik makin meluas di negara-negara maju dan berkembang sehingga Starbucks melihat perlunya kerjasama dengan perusahaan jasa pembayaran. Atas dasar itulah Schultz mengajak Square sebagai mitra bisnis utama yang mengurus sistem pembayaran elektronik bagi para konsumen. Di dalamnya termasuk fasilitas promosi bagi mereka yang menggunakan e-wallet Square di seluruh gerai kopi paling tenar di dunia itu.

Howard Schultz memiliki peran besar dalam menarik pelanggan ke dalam lingkaran bisnis Square. Sebelum bekerjasama dengan Starbucks, nama perusahaan pembayaran ini nyaris tidak terdengar dan tidak dikenal konsumen. Inti dari kesepakatan kerjasama adalah mempermudah pelanggan untuk bertransaksi dengan memakai kartu debit maupun kredit via layanan dompet elektronik yang disediakan Square.

Belum ada berita resmi tentang alasan di balik lengsernya CEO Starbucks dari kursi direksi Square. Namun pihak Square memastikan bahwa kerjasama yang sudah terjalin tidak akan bubar dan berjalan seperti biasa. Sebagai penggantinya, perusahaan sudah memanggil pensiunan Chief Financial Officer Goldman Sachs, David Viniar. Viniar rehat dari Goldman Januari lalu pasca menghabiskan 30 tahun usianya di salah satu raksasa finansial Amerika itu. New York Times dalam sebuah terbitannya pernah menjuluki Viniar sebagai 'penyihir di pasar keuangan dan manajer risiko yang handal'. Kehadirannya di Square diharapkan mampu menaikkan kinerja perseroan sekaligus melanjutkan proses kerjasama dengan Starbucks. ]


*Harga saham Starbucks semalam (Rabu 30/10) ditutup pada posisi $80.83 atau naik 1.52% dari level pembukaan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar