Kamis, 19 Januari 2017

breaking-news ECB pertahankan suku bunga acuan di 0.00% & suku bunga deposito di -0.40%

cfd CFD

China Berangus Penggunaan Gmail di Dalam Negeri

Selasa, 30 Desember 2014 10:57 WIB
Dibaca 611

Monexnews - Sentimen antara pemerintah China dan perusahaan-perusahaan asal Amerika Serikat semakin meruncing di penghujung tahun 2014. Setelah Microsoft terkena warning soal monopoli software, kini giliran layanan Google yang diblok oleh badan pengawas teknologi informasi Tiongkok.

Selama 6 bulan terakhir, Beijing memang melarang penggunaan akun email Gmail milik Google di wilayah China daratan. Pengguna dipaksa untuk kucing-kucingan dengan cara mengakses akun Gmail-nya dengan memakai aplikasi tambahan semacam Microsoft Outlook atau Apple Mail.

Berita buruknya, sekarang hal itu juga tidak bisa dilakukan lagi karena pemerintah sudah menutup seluruh celah pemakaian Gmail termasuk via aplikasi-aplikasi pihak ke-tiga. Otoritas memakai apa yang disebut dengan 'Great Firewall' untuk menghabisi lubang yang biasa dimanfaatkan untuk mengakses akun email buatan asing. Pihak Google sendiri mengaku bahwa traffic-nya menurun, padahal tidak ada masalah pada sistem yang mereka miliki. Hal ini memperkuat asumsi bahwa pemerintah China benar-benar serius membabat habis penggunaan Gmail di dalam negeri.

Kantor Informasi Internet China belum mau berkomentar tentang berita 'Great Firewall'. Dalam jumpa pers terakhir, juru bicara Kementerian Luar Negeri, Hua Chunying menegaskan negaranya terbuka bagi pebisnis asing selama mereka mematuhi aturan yang berlaku di negara itu. Tetapi Beijing biasanya memang tidak pernah memberikan keterangan resmi atas segala kebijakan blokir website, baik yang bersifat permanen maupun sementara. Bahkan pada momen-momen tertentu, kebijakan sensor lebih diperketat misalnya pada saat menjelang event internasional maupun pemilihan umum.

Terakhir kali Google diusik oleh pemerintah China adalah pada bulan Juni 2014, tepatnya jelang peringatan 25 tahun tragedi Tiananmen. Kala itu, seluruh akses aplikasi Google seperti Google+, Gchat dan Google Drive dimatikan secara sepihak.

[Harga saham Google (NASDAQ:GOOG) Class C ditutup di level $530.33 pada sesi perdagangan hari Senin (29/12) atau melemah 0,7%.]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar