Senin, 24 Juli 2017

cfd  CFD

Cisco Hadiahkan Investor Tambahan Dividen

Kamis, 13 Februari 2014 10:31 WIB
Dibaca 452

Monexnews - Produsen piranti keras dan perlengakapan untuk jaringan komputer, Cisco, di luar dugaan menaikkan jumlah dividen yang akan dibayarkan kepada pemegang saham sebesar 2 sen per unit saham. Keputusan untuk mengerek laba bagi hasil diambil setelah laporan keuangan sukses memenuh target pelaku pasar.

Jika pada periode fiskal kuartal I 2014 lalu (Agustus-September 2013) Cisco hanya membayar dividen 17 sen per saham, maka untuk periode buku triwulan II yang berakhir Januari kemarin perusahaan ini menghadiahkan laba 19 sen. Dengan demikian rasio dividen yang diberikan Cisco menjadi 3.3% atau lebih tinggi dibandingkan return saham perusahaan seperti Apple yang hanya 2.3% per tahun. Apple sendiri merupakan perusahaan teknologi termahal dunia yang menyimpan uang tunai sekitar $159 miliar, dan tidak digunakan sama sekali. Tidak heran jika investor dan pengamat pasar modal menyarankan perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini untuk menaikkan bunga dividennya. Apple pada akhirnya memang tidak menambah dividen, namun pihak direksi akhirnya memutuskan untuk memborong lagi sahamnya (buyback) untuk memberikan nilai tambah kepada investor.

CEO Cisco, John Chambers, mengatakan bahwa perusahaannya kemungkinan mengalami penurunan angka penjualan antara 6%-8% pada kuartal depan. Untuk triwulan lalu, Cisco sudah mengalami kemerosotan sales sebesar 8%. Namun demikian, Chambers optimis kalau satu kuartal berikutnya perusahaan sudah bisa meraup laba dari kenaikan angka penjualan seiring perubahan trend dan konsumsi di negara konsumen.

Penurunan angka penjualan yang terjadi pada kuartal lalu dipicu oleh kelesuan tingkat permintaan di negara-negara berkembang seperti Meksiko, Brazil, China, India dan Rusia, yang totalnya mencapai 10%. Efek serupa diperkirakan berlanjut untuk kuartal depan sehingga Cisco tidak mau terlalu muluk dalam memancang target.

Saham Cisco tergolong bergerak lesu jika dibandingkan kenaikan harga yang dialami oleh ekuitas dari sektor teknologi lainnya dalam 12 bulan terakhir. Pelaku pasar menilai perusahaan terlalu bergantung pada bisnis internet dan minim potensi pertumbuhan. Saham Cisco sendiri turun 4% pada sesi after-hours hari Rabu (13/02).

[Harga saham Cisco (NASDAQ:CSCO) ditutup pada posisi $22.85 atau naik 0.62% pada sesi reguler semalam (13/02). Namun di sesi after-hours, sahamnya turun 4.16% ke posisi $21.90 akibat proyeksi bisnis yang negatif.]

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar