Selasa, 30 Mei 2017

cfd  CFD

Citibank Serahkan Bisnis Ritelnya ke Mitsui Sumitomo

Jumat, 26 Desember 2014 12:29 WIB
Dibaca 761

Monexnews - Citibank akhirnya menjual divisi usahanya yang bergerak di layanan ritel Jepang kepada perusahaan Mitsui Sumitomo. Pasca akuisisi, Citibank bisa lebih fokus mengelola bisnis bank dan nasabah korporatnya.

Unit bisnis ritel Citibank memang kurang berkembang di Jepang. Penyedia layanan kartu kredit terbesar dunia ini sempat diancam tidak boleh beroperasi di negara itu karena terbukti melakukan praktik pinjam meminjam secara ilegal di tahun 2004. Bukannya berbenah, Citibank justru menimbun banyak 'dosa' selama satu dasawarsa terakhir, mulai dari tuduhan pencucian uang hingga skandal kredit. Reputasi buruk itulah yang membuat nasabahnya lari ke bank lain.

Salah satu mega-bank domestik, Sumitomo Mitsui Banking Group, melihat bisnis Citibank masih prospektif. Pihak direksi mengajukan penawaran untuk membeli bisnis ritelnya untuk dikembangkan kembali. Tawaran itu bisa dibilang saling menguntungkan karena dengan demikian maka Citibank juga bisa lebih fokus menggarap bisnis korporat dan bank investasinya ketimbang mempertahankan bisnis ritel yang selalu diawasi secara ekstra oleh Badan Pengawas Keuangan Jepang.

Mitsui percaya diri mampu membuat bisnis barunya kembali melaba, terutama bermodalkan 1,9 juta mesin ATM di seluruh dunia yang bisa diakses nasabah Jepang setiap saat. Bank terbesar ke-dua Jepang ini mengambil alih seluruh aset bisnis Citibank, termasuk simpanan kas, 740.000 nasabah, kantor cabang, 1600 karyawan dan jaringan ATM mulai tahun 2015.

Mahar yang harus dibayarkan adalah sekitar 30 miliar hingga 50 miliar Yen ($250 juta-$417 juta), tergantung pada jumlah nasabah dan dana yang masih tersimpan saat akuisisi dituntaskan. Kabar baiknya, pihak Mitsui tidak berniat melakukan perombakan habis-habisan dalam struktur perusahaan, termasuk untuk urusan tenaga kerja.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar