Rabu, 24 Mei 2017

breaking-news Ifo: Indeks Iklim Bisnis Jerman naik ke 114.6 di Mei dari 112.9 di April, estimasi 113.1.

cfd  CFD

Citigroup Sisihkan Rp7,2 triliun untuk Bayar Denda Kecurangan

Jumat, 31 Oktober 2014 11:19 WIB
Dibaca 912

Monexnews - Kasus manipulasi pasar uang terus memakan korban bank-bank besar asal Amerika Serikat dan Eropa. Mereka yang dituding melakukan aksi ilegal tersebut harus rela mengorbankan kasnya untuk membayar denda.

Salah satu bank yang sudah terbukti melakukan praktik manipulasi nilai tukar di pasar uang Inggris adalah Citigroup. Meski sudah membayar denda ratusan juta Dollar kepada otoritas keuangan Inggris, bank asal Amerika ini sudah menyisihkan sebagian kasnya untuk membayar denda lain-lain. Pasalnya masih ada proses hukum dan tuduhan lain yang masih digodok di pengadilan sehingga pihak direksi menganggap perlu alokasi dana sebesar $600 juta atau sekitar Rp7,2 triliun untuk membayar kemungkinan denda tambahan.

Citigroup adalah satu dari enam bank yang sedang berurusan dengan pengawas keuangan Inggris karena kasus manipulasi kurs. Keenam bank yang terlibat diperkirakan harus mengeluarkan uang senilai total 1,5 miliar Poundsterling atau $2,42 miliar untuk membiayai proses hukum dan sanksi lanjutan. Selain Citigroup, Barclays Plc dikabarkan juga sudah menyiapkan uang 500 juta Poundsterling dari neraca kuartal III untuk membayar kewajiban hukumnya.

Apabila seluruh skandal perbankan dalam beberapa tahun terakhir diakumulasi, bisa disimpulkan bahwa bank-bank besar sudah menghabiskan miliaran Dollar hanya untuk biaya proses hukum akibat kasus di berbagai sektor keuangan, mulai dari kredit perumahan, komoditas, trading suku bunga dan berbagai manipulasi lainnya. Oleh karena itulah otoritas belakangan ini giat menguji akuntabilitas bank-bank agar krisis finansial tidak terulang lagi.

Namun terlepas dari besarnya biaya hukum yang harus ditanggung, bank-bank besar sesungguhnya tidak perlu kesulitan untuk membayar denda jutaan atau bahkan miliaran Dollar. Kebanyakan dari mereka menangguk untung besar dan uang denda yang dialokasikan bisa dibilang sekedar 'recehan'. Citigroup misalnya, bank ini diprediksi akan menghasilkan laba kotor $28 juta dalam lima kuartal ke depan. Alokasi dana kuartal III sebesar $600 juta untuk membayar denda bukanlah beban besar jika dibandingkan dengan raupan profit-nya.

Saham Citigroup turun 2% ke level $52.05 pada sesi perdagangan after hours setelah perusahaan merevisi turun target pendapatan bersih kuartal III dari $3,44 miliar menjadi $2,84 miliar. Sementara untuk laba per sahamnya, Citigroup mengubah target dari $1.07 menjadi 88 sen per saham.

Pihak direksi menyediakan kas khusus untuk keperluan hukum di seluruh dunia sebesar $5 miliar sebagai antisipasi terhadap tuntutan-tuntutan lain yang mungkin muncul. Citigroup juga menegaskan komitmennya untuk bekerjasama dengan pengawas industri di Inggris, Amerika Serikat dan lokasi bisnis lainnya.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar