Rabu, 26 Juli 2017

cfd  CFD

Cuci Gudang, Wal-Mart Jual iPhone di Harga Rp1 juta

Senin, 2 September 2013 12:49 WIB
Dibaca 2310

Monexnews - Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, banyak perusahaan distributor ponsel memberikan diskon khusus untuk produk-produk favorit, terutama iPhone dan iPad. Dari sekian banyak gerai yang memangkas harga, diskon yang diberikan oleh Wal-Mart sulit untuk ditandingi.

Perusahaan produk ritel terbesar di Amerika Serikat itu menurunkan harga iPhone 5 berkapasitas 16 gb hingga menjadi hanya $98 (Rp1,1 juta). Sebelum diskon, Wal-Mart sesungguhnya sudah mematok harga menarik untuk iPhone 5 yakni dengan banderol $129 (Rp1,4 juta) atau lebih murah dibandingkan kisaran rata-ratanya yang mencapai $200 (Rp2,2 juta) per unit di pasaran. Untuk menikmati potongan harga tersebut, konsumen harus meneken kontrak baru dengan operator ponsel pasca bayar AT&T, Verizon atau Sprint.

Produk Apple lainnya yang dikenai diskon adalah iPad 10 inci, di mana besaran potongan harga mencapai $50 per unit. Sementara untuk iPad dengan fitur retina display kini hanya seharga $449 (Rp5,1 juta) dan untuk iPad 2 dibanderol $349 (Rp3,9 juta). Sayangnya untuk produk iPad mini, Wal-Mart tidak memberikan diskon dari harga normalnya, $330 (Rp3,7 juta).

Pemangkasan harga oleh perusahaan retailer menjadi petunjuk akan diluncurkannya varian baru iPhone dan iPad pada tanggal 10 September mendatang. Pihak retailer biasanya melakukan cuci gudang sebelum produk anyar dipasarkan oleh pihak produsen. Terlebih lagi, kebijakan diskon tidak hanya diberikan oleh Wal-Mart. RadioShack, yang juga dikenal sebagai outlet penjualan barang-barang Apple, memberi potongan $50 untuk semua jenis iPhone, termasuk varian 4 dan 4S. Konsumen bahkan tidak harus mengisi form kontrak dengan pihak operator untuk mendapatkannya. Adapun Best Buy menawarkan potongan $100 untuk produk iPhone 5 tetapi diskon itu hanya bisa dinikmati jika konsumen mau menukarkan ponsel lamanya kepada mereka.

Seperti diketahui, harga produk Apple khususnya iPhone jauh lebih murah dibandingkan harga resminya di negara lain seperti Indonesia. Banderol iPhone bisa enam kali lebih murah (jika dikurs ke dalam Rupiah) karena penjualan ponsel di Amerika berbasis kontrak dengan pihak operator. Strategi ini dianggap lebih menguntungkan tidak hanya bagi pihak produsen, namun juga bagi pihak operator yang bekerjasama dengan Apple. 

Harga saham Wal-Mart hari Jumat lalu (30/08) ditutup pada posisi $72.98 atau naik 0.7%. Bursa saham Amerika tutup hari ini dalam rangka memperingati hari buruh.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar