Rabu, 18 Oktober 2017

cfd  CFD

Daftar 7 Saham Terbaik Nikkei 2013

Jumat, 26 April 2013 10:09 WIB
Dibaca 506

Monexnews - Kombinasi antara pelemahan nilai tukar Yen dan kebijakan moneter baru rancangan Shinzo Abe mengantarkan indeks Nikkei 225 ke puncak kejayaannya di awal 2013. Beberapa saham bahkan sukses mencetak kenaikan 60%, 70% dan bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Berikut ini adalah 7 saham dengan pergerakan harga terbaik di tahun 2013 seperti dilansir oleh CNN. Rasio kenaikan harganya diambil berdasarkan kinerja sejak awal Januari hingga 25 April 2013:

Fuji Heavy Industries

Saham produsen mobil Subaru ini melonjak 73% hingga akhir April tahun ini. Kontribusi terbesar bagi lonjakan saham berasal dari pelemahan kurs Yen, di mana hal itu mampu membuat harga jual Subaru di luar negeri menjadi lebih murah dan diminati oleh konsumen. Sedikit saja nilai tukar domestik melemah, efeknya terhadap lini pendapatan Fuji sangatlah besar. Tidak heran jika emiten ini langsung menaikkan target laba untuk 2013, mengacu pada ekspektasi penurunan nilai tukar Yen lebih lanjut.

Kawasaki Kisen Kaisha

Perusahaan yang lebih dikenal dengan sebutan K-line ini merupakan pemain penting di sektor transportasi dan pengapalan. Sahamnya naik 76% dalam 4 bulan terakhir, namun bukan karena membaiknya bisnis pengiriman barang ke luar negeri. Serupa dengan Fuji, K-line juga diuntungkan oleh pelemahan kurs Yen yang membuat nilai kontrak dengan kliennya menjadi lebih tinggi. Meski volume pengiriman tidak berbeda jauh dibanding sebelumnya, Kawasaki Kisen melaba dari kenaikan kontrak kerja yang sudah dikantonginya.

Yokohama Rubber

Saham produsen ban dan produk karet ini melambung lebih dari dua kali lipat sepanjang 2013. Kinerja ekuitasnya terbilang mengesankan jika berkaca pada kenaikan indeks Nikkei yang baru sebesar 34% sejak Januari.

Kirin Holdings

Emiten yang tidak asing di industri minuman beralkohol ini mencetak laba besar dari penjualan Kirin Beer dan San Miguel. Lagi-lagi penurunan Yen membuat daya saing produknya di luar negeri menjadi lebih kompetitif. Kebijakan pemerintah terbukti mampu mendongkrak angka pendapatan Kirin dari sayap ekspor. Harga sahamnya sudah melonjak 69% tahun ini.

Sony

Jika emiten lain sukses melaba dari penurunan Yen, maka hal itu tidak sepenuhnya berlaku bagi Sony. Meski tidak lagi menggarap industri televisi, Sony berhasil menarik animo konsumen dunia untuk membeli produk-produk andalan mulai dari ponsel hingga kamera. Salah satu produk yang berpotensi menjaring peminat besar tahun ini adalah Playstation 4, sehingga tidak heran jika investor masih bisa berharap kenaikan nilai saham lebih lanjut pasca kemunculan konsol permainan yang sudah melegenda itu. Harga saham Sony sudah naik 69% sejak awal 2013.

Mazda

Saham Mazda naik 100% di empat bulan pertama 2013. Di tengah persaingan produk otomotif dunia, Mazda mendapat berkah dari penurunan nilai tukar Yen. Suatu hal yang wajar bagi pihak produsen yang manggantungkan harapannya pada sektor ekspor.

Bridgestone

Walaupun nama-nama baru bermunculan di pasar ban kendaraan, Bridgestone kadung memiliki basis pasarnya sendiri. Walaupun banyak orang mulai berpaling ke produk pesaing yang lebih murah buatan China, Bridgestone kembali mendapat momentum bagus dari pelemahan nilai tukar. Kini konsumen bisa memiliki ban berkualitas buatan Jepang dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan merk yang kualitasnya belum teruji. Harga saham Bridgestone naik 67% tahun ini, terima kasih kepada kebijakan suportif pemerintah Tokyo.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar