Minggu, 26 Oktober 2014

cfd CFD

Debut JAL akan Jadi IPO Terbesar Ke-2 Setelah Facebook

Senin, 10 September 2012 12:31 WIB
Dibaca 412

Monexnews - Japan Airlines Co. (9201.TO) diperkirakan meraup dana segar $8.5 miliar dari initial public offering-nya 20 September mendatang. Pihak perseroan dan underwriter memastikan harga jual saham JAL di Y3,790 atau batas atas dari range yang diumumkan ke pasar sebelumnya, Y3,500-Y3,790. Harga IPO sesuai dengan ekspektasi investor dan menandai adanya permintaan kuat terhadap IPO saham terbesar ke-dua dunia, setelah Facebook, yang berhasil meraih$16 miliar pada bulan Juni lalu. 

Pada akhir Agustus kemarin, JAL menetapkan kisaran jual untuk IPO di bawah rencana sebelumnya sehingga investor menilai harga JAL cukup murah. Kisaran rendah tersebut membuat daftar pesanan penuh secara cepat atau sangat kontras dengan animo pemodal terhadap saham Facebook, di mana pihak koordinator mematok harga yang terlampau mahal kala itu.


IPO JAL bulan ini akan menandai momentum kemandirian maskapai terbesar Jepang tersebut. Selama dua tahun JAL terperangkap dalam program restrukturisasi pemerintah pasca kasus korupsi perseroan non-keuangan terbesar dalam sejarah Jepang. Perusahaan sempat mencatat jumlah hutang masif sampai 2,32 triliun yen atau setara $29 miliar.


Level harga IPO tadi akan mempertebal kocek investor terbesarnya, Enterprise Turnaround Initiative Corp. Potensi pengumpulan dana 663 miliar yen nyaris dua kali lipat dari jumlah dana yang disuntik pemerintah pada tahun 2010 silam yang hanya 350 miliar yen.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Monthly

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar