Rabu, 26 Juli 2017

cfd  CFD

Dekati Cerberus, Qualcomm Berminat Patungan Beli Blackberry

Senin, 4 November 2013 10:51 WIB
Dibaca 411

Monexnews - Spekulasi soal pembelian Blackberry oleh pihak swasta terus merebak. Namun dari sekian banyak rumor yang beredar di pasar keuangan, belum ada satupun negosiasi yang benar-benar sudah berjalan.

Berita terbaru yang kini sedang dicermati oleh pelaku pasar keuangan Amerika Serikat adalah soal ketertarikan Qualcomm Inc untuk bergabung dengan Cerberus Capital Management dalam upaya pengambilalihan Blackberry. Cerberus sendiri sudah sejak beberapa bulan terakhir dilaporkan menjadi pihak yang paling berminat dengan produsen ponsel cerdas tersebut. Sampai sekarang finalisasi penawaran belum tercapai karena perusahaan investasi ini konon enggan menggelontorkan dana besar untuk membeli suatu perusahaan yang bisnisnya berada dalam titik nadir. Dengan kehadiran Qualcomm, maka konsorsium pembeli Blackberry kini semakin kolektif menyusul kesediaan Cerberus dan dua pendiri Blackberry, Mike Lazaridis dan Doug Freign, untuk menuntaskan akuisisi.

Menurut sumber dalam Qualcomm yang dikutip oleh AllThingsD, perusahaannya membuka kemungkinan bergabung dengan Cerberus, Lazaridis dan Freign dalam proses penawaran jelang deadline yang jatuh pada hari Senin ini (04/11). Namun demikian, berita ini tergolong mentah karena beluam ada konfirmasi dari pihak-pihak yang disebut tadi. 

Perusahaan terakhir yang digosipkan hendak membeli bisnis produsen ponsel asal Kanada adalah SAP, sebuah perusahaan software asal Jerman. tidak tertarik untuk membeli perusahaan Blackberry. Akan tetapi berita itu langsung kandas setelah pimpinan SAP membantah keras spekulasi di pasar. "Blackberry tidak cocok untuk masuk ke dalam strategi perusahaan," ujar CEO SAP, Werner Brandt, kepada majalah Euro am Sonntag akhir Oktober lalu.

Blackberry telah menawarkan diri untuk dijual, baik secara utuh maupun terpisah, terutama setelah produk smartphone-nya gagal bersaing dengan iPhone produksi Apple dan Galaxy berbasis Android. Narasumber Reuters sempat melaporkan adanya beberapa pihak yang tertarik dengan Blackberry seperti Cisco Systems, Google dan Lenovo. Namun tidak ada satupun perusahaan terkait yang memastikan ketertarikan mereka kepada publik.

*Harga saham Blackberry ditutup pada posisi $7.77 atau melemah 2% pada sesi perdagangan hari Jumat (01/11). Minimnya indikasi pembelian pihak ke-tiga jelang detik-detik akhir penawaran membuat saham Blackberry dijauhi investor. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar