Senin, 27 Maret 2017

cfd  CFD

DELL Akhiri Kiprah Seperempat Abad di Lantai Bursa

Rabu, 30 Oktober 2013 15:24 WIB
Dibaca 476

Monexnews - Ucapkan selamat tinggal pada 'DELL'. Bukan karena perusahaan ini bangkrut namun karena simbolnya tidak akan lagi terpampang di papan bursa saham Amerika Serikat.

Beberapa jam lalu, eks-produsen laptop dan komputer terbesar Amerika itu mengumumkan penyelesaian privatisasi usaha secara resmi kepada media. Penarikan saham dari tangan publik kepada swasta menghabiskan modal senilai $25 miliar. Dengan demikian, maka mulai malam nanti (Rabu 30/10) saham Dell tidak akan ditransaksikan di New York.

Sebagai bagian dari poin kesepakatan, pemegang saham berhak menerima dividen sebesar 13 sen per unit sesuai restu dewan direksi. Investor juga dihadiahi uang $13.75 dari setiap unit saham yang dijual kepada pihak pemilik saat ini. Dengan dituntaskannya perjanjian jual beli tersebut, maka mulai sekarang Dell hanya dimiliki oleh dua pihak, yaitu sang CEO dan pendirinya, Michael Dell dan lembaga investasi Silver Lake.

Proses privatisasi Dell bukannya tanpa halangan. Investor yang juga aktivis keuangan, Carl Icahn, mengklaim kalau pemegang saham seharusnya mendapat keuntungan lebih dari pihak pembeli. Icahn meyakini nilai jual Dell 'undervalued' atau dihargai terlalu murah oleh pihak Silver Lake. Namun pada akhirnya argumen Icahn diabaikan oleh investor karena RUPS memberi izin penjualan pada tanggal 12 September silam.

Keluarnya Dell dari pasar ekuitas menandai akhir dari kiprah perusahaan, yang giat merilis produk komputer berkualitas itu, di lantai bursa. Selama 25 tahun menjadi komponen S&P 500, kinerja Dell kerap dijadikan tolok ukur kemajuan bisnis teknologi Amerika. Kini setelah menjadi perusahaan swasta, Dell bebas melakukan ekspansi dan rencana strategis dalam upaya mempertahankan reputasinya di industri perangkat komputer. Pihak direksi tidak perlu khawatir lagi kalau apa yang mereka lakukan akan dikritisi oleh pemegang saham dan media. Kebebasan inilah yang justru bisa membahayakan kiprah perusahaan kompetitor seperti Hewlett Packard, Asus dan Acer karena Dell lebih leluasa memancang target dan menggelontorkan modal baru. 

*Harga saham Dell menutup sejarah go publik di posisi $13.86 atau naik 0.2% pada sesi perdagangan Selasa (29/10).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar