Sabtu, 27 Mei 2017

cfd  CFD

Dianggap Ofensif, GM Cabut Iklan SUV Anyar

Kamis, 2 Mei 2013 11:56 WIB
Dibaca 700

Monexnews - Sebaik apapun kualitas suatu produk, apabila tidak disertai dengan promosi yang cerdas pada akhirnya akan menjadi bumerang bagi pihak produsen. Hal ini berlaku bagi general Motors, yang memuat iklan bernada ofensif terhadap China dan penduduk Asia.

GM telah menarik iklan Chevrolet Trax terbaru dari peredaran setelah muncul pengaduan soal isi jingle yang mengiringinya. Dalam iklan yang sudah beredar sejak tanggal 4 Maret di seluruh dunia, Chevy Trax ditampilkan dengan lagu Oriental Swing yang diciptakan pada tahun 1938. Pihak advertiser kemungkinan tidak mempertimbangkan bunyi lirik yang cenderung merendahkan budaya dan wanita China. Tidak hanya itu, lagu tersebut juga menyebut tentang Geisha Jepang dan menggambarkan tabiat negatif Sheikh Arab sehingga dinilai ofensif oleh sebagian pihak.

Media pertama yang mengkritik iklan ini adalah South China Morning Post. Setelah mempelajari keluhan warga China, GM langsung meminta maaf ke publik atas penggunaan lagu yang tidak patut diperdengarkan itu. "GM sudah menarik peredaran iklan Chevrolet Trax karena adanya keberatan dalam lirik lagu soundtracknya," demikian pernyataan resmi perusahaan. GM kemudian akan berkoordinasi denga divis periklanan untuk melakukan evaluasi supaya masalah sejenis tidak terulang lagi di kemudian hari.

Apa yang dihadapi oleh produsen asal Amerika ini bukanlah kasus pertama dalam hal periklanan otomotif. Pekan lalu, Hyundai terpaksa menarik iklannya yang berisi lelucon bunuh diri seorang pria. Sementara pada bulan Maret silam, Ford Motor harus meminta maaf karena menampilkan gambar wanita terikat di bagian belakang mobil contoh. Karyawan agensi yang merancang iklan itu langsung dipecat atas kebijakan direksi. Harga saham General Motors ditutup pada level $30.18 atau melemah 2.14% pada sesi perdagangan hari Rabu (01/05).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar