Kamis, 19 Januari 2017

breaking-news Bank of Canada mempertahankan suku bunga di level 0.50%.

cfd CFD

Dituding Cuci Uang, Citigroup Jalani Penyidikan Ganda

Kamis, 26 Februari 2015 10:04 WIB
Dibaca 687

Monexnews - Citigroup Inc sedang diselidiki oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) atas tuduhan penyelewengan operasional dan pencucian uang. Tidak tanggung-tanggung, beberapa badan otoritas turun tangan mengusut kasus yang dialami oleh salah satu bank investasi paling berpengaruh di dunia ini.

Dalam pernyataan resminya beberapa jam lalu, Citigroup mengaku sudah ada penyelidikan tambahan terkait indikasi pencucian uang di anak usahanya, Banamex USA. Financial Crimes Enforcement Network, yang merupakan bagian dari kementerian keuangan, dan California Department of Business Oversight sudah meminta perusahaan untuk memberikan informasi lengkap soal aktivitas internalnya. Kerjasama ini dibutuhkan untuk mengupas tuntas kasus pelanggaran undang-undang pencucian uang dan tingkat kepatuhan Citigroup terhadap Bank Secrecy Act.

Penyelidikan pemerintah dilakukan satu tahun pasca terungkapnya aksi kriminal Citigroup di pengadilan Massachussetts dan permintaan keterbukaan informasi oleh U.S. Federal Deposit Insurance Corp. Banyaknya badan yang terlibat dalam kasus ini memperlihatkan bahwa ada indikasi money laundering dilakukan secara sistematis.

Banamex USA merupakan anak usaha Banamex, perusahaan yang dibeli oleh Citigroup tahun 2001 lalu dan memiliki beberapa cabang di Amerika. Banamex juga menjadi bank terbesar ke-dua du Meksiko dan dijadikan contoh ekspansi perbankan ideal di negara berkembang. Kasus cuci uang mengemuka setelah Banamex dipanggil untuk menjawab hilangnya dana yang dipinjamkan kepada kontraktor bangunan di tahun 2014. Masalah serupa juga muncul setahun kemudian, di mana perusahaan itu juga merugi dari peminjaman uang ke produsen minyak asal Meksiko, Pemex.

Pihak direksi Citigroup menurunkan estimasi biaya hukum dalam penanganan semua kasusnya dari 5$ miliar menjadi $4 miliar dalam laporan keuangan September lalu. Namun di bulan Januari kemarin, Citigroup menyebut biaya hukum yang dikeluarkan sepanjang kuartal IV mencapai $2,9 miliar.

[Harga saham Citigroup Inc (NYSE:C) ditutup pada posisi $52.09 atau menguat 0,37% pada sesi perdagangan hari Rabu (25/02).] (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar