Selasa, 23 Mei 2017

breaking-news Ifo: Indeks Iklim Bisnis Jerman naik ke 114.6 di Mei dari 112.9 di April, estimasi 113.1.

cfd  CFD

Dominasi Samsung-Apple Digoyang Produsen Asia

Senin, 29 Juli 2013 11:05 WIB
Dibaca 1541

Persaingan di industri ponsel pintar semakin keras dalam satu tahun terakhir. Kinerja penjualan di pangsa pasar terbesar dunia, China, bisa memperlihatkan betapa pihak produsen saling sikut untuk memperebutkan konsumen.

Monexnews - Pergeseran peta kekuatan di industri ponsel terpapar dalam data yang dirilis oleh IDC dan Strategy Analytics. Kalau dalam setahun terakhir pangsa pasar Apple Inc 'dimakan' oleh Samsung, maka kini tidak demikian lagi. Bukan hanya Samsung yang sukses merebut simpati pengguna iPhone, namun produsen-produsen lain juga mampu menggoda konsumen China dengan varian ponsel anyarnya masing-masing. Nama-nama Asia seperti LG, ZTE, Lenovo, Alcatel dan Huawei kini resmi masuk ke dalam daftar produsen smartphone paling laris di dunia berkat kinerja penjualan yang impresif di negeri tirai bambu.


Samsung masih memegang predikat sebagai market leader. Jumlah pengiriman ponsel pintarnya mencapai 72.4 juta unit pada kuartal II lalu atau dua kali lipat lebih banyak dibandingkan Apple, yang hanya mendistribusikan sebanyak 31.2 juta ponsel ke seluruh dunia. Soal angka, Samsung jelas berada di depan para pesaingnya namun jika dihitung berdasarkan tingkat pertumbuhan, jumlah penjualan vendor lain justru lebih mentereng. LG dan ZTE misalnya, dua kuda hitam Asia ini mencatat kenaikan hingga dua kali lipat dalam jumlah pengapalan ponsel dibandingkan kuartal II tahun 2012.

"Beberapa vendor lainnya, termasuk Alcatel dan Huawei, mencatat rasio pertumbuhan dua sampai tiga dijit untuk pengiriman ponsel Android ke pasar utama seperti China dan India. Di kuartal II 2013, produsen-produsen ponsel di luar daftar 5 besar mencetak kenaikan jumlah pengiriman sebesar 44.8% atau di atas pengapalan kuartal yang sama tahun lalu, 42.2%." demikian bunyi press release IDC. Artinya, kompetisi kini bukan hanya berlaku untuk Apple dan Samsung karena nama-nama besar lain seperti Lenovo dan LG siap menggoyang pasar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar