Sabtu, 22 Juli 2017

cfd  CFD

Dominasi Samsung di Pasar Ponsel Masih Sulit Digoyang

Kamis, 5 Desember 2013 12:09 WIB
Dibaca 399

Monexnews - Kiprah Samsung di industri ponsel cerdas dunia sangat mengesankan beberapa waktu terakhir. Bermodalkan sederet ponsel premium berseri Galaxy, raksasa asal Korea Selatan ini mampu mengangkangi penjualan produk rivalnya, Apple, di beberapa wilayah. penting

Di negara China, Samsung masih lebih familier jika dibandingkan oleh Apple dengan produk iPhone-nya. Fakta tersebut membuat perusahaan yang pernah dibesut oleh mendiang Steve Jobs ini penasaran. Menurut lembaga peneliti pasar, Gartner, Samsung berkontribusi 32.1% terhadap total pengiriman ponsel pintar sepanjang kuartal III lalu, atau tidak berbeda jauh dengan porsi pengirimannya pada periode yang sama tahun lalu. Sementara sumbangsih Apple dalam hal pengapalan produknya ke konsumen internasional justru turun menjadi 12.1% dari catatan tahun sebelumnya yang mencapai 14.3%. Meskipun di akhir kuartal IV nanti angka penjualan ponsel Apple naik seiring dengan dirilisnya iPhone anyar bulan September lalu, kenaikannya belum mampu mendekati pencapaian Samsung.

Di pangsa pasar terbesar dunia, China, dominasi Samsung tidak tergoyahkan dengan pangsa pasar mencapai 21% atau seperlima dari industrinya di kuartal III lalu. Jumlah itu tidak sebanding dengan porsi penjualan Apple yang hanya menembus angka 6% atau tidak berbeda jauh dibandingkan produsen-produsen lokal seperti Huawei (data lembaga peneliti Canalys).

Menurut analis saham Mizuho Securities, Marvin Lo, China merupakan wilayah pemasaran yang menarik bagi pembuat ponsel cerdas karena potensi konsumen yang belum tergali lebih besar dibandingkan Amerika Serikat. Peluang bagi Apple untuk menjaring konsumen semakin besar berat adanya kerjasama baru dengan China Mobile, operator dengan basis konsumen 700 orang. "Setidaknya ada 10% warga China yang bisa dibidik menjadi konsumen setia iPhone dan Samsung nantinya," tutup Lo.



 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar