Minggu, 21 Januari 2018

cfd  CFD

Dua Perusahaan Kimia AS Jajaki Rencana Merjer

Jumat, 11 Desember 2015 11:26 WIB
Dibaca 3972

Monexnews - Trend merjer dan akuisisi (M&A) merambah hingga ke berbagai sektor, tidak terkecuali industri kimia. Dua raksasa dari sektor ini, Dow Chemical Co dan DuPont Co., berencana gabung untuk membentuk konglomerasi chemical terbesar sejagad. 

Dow dan DuPont sama-sama berasal dari Amerika Serikat (AS). Nilai kapitalisasi pasarnya pun hanya berbeda tipis, Dow Chemical bernilai $59 miliar sedangkan DuPont tercatat senilai $58,4 miliar. Jika proses merjer berjalan mulus maka market cap-nya akan berkisar di $117,4 miliar atau setara Rp1.620 triliun. Meski belum ada konfirmasi dari kedua perusahaan, banyak media berani memastikan kalau kebijakan merjer akan diumumkan dalam satu dua pekan ke depan.

Merjer Dow Chemical dan DuPont akan membuat bisnis keduanya terfokus pada produk pertanian seperti pembasmi hama, pupuk dan bibit tanaman. Selain itu, produk yang sekarang sudah mapan seperti plastik tetap menjadi pendulang uang. Dow dan DuPont memang sedang agresif menjajaki bisnis kimia untuk pertanian, termasuk pembuatan bibit dengan sistem rekayasa genetik.

Investor diyakini akan menyambut positif kebijakan merjer kedua perusahaan karena berdampak baik terhadap pos pengeluaran. 'Perkawinan' Dow dan DuPont bisa menekan biaya belanja sekaligus memperkuat jajaran produk di pasaran. The Wall Street Journal menyebut kalau Adrew Liveris, Chief Executive Officer (CEO) Dow Chemical akan menjadi Executive Chairman di perusahaan baru hasil merjer. Sedangkan Ed Breen, CEO DuPont, didapuk untuk mendampinginya sebagai nahkoda.


[Harga saham E I Du Pont De Nemours And Co (NYSE:DD) ditutup pada posisi $74.56 atau menguat 0,09% di sesi perdagangan hari Kamis (10/12).] (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar