Rabu, 13 Desember 2017

cfd  CFD

EA-Disney Teken Pembelian Lisensi Star Wars

Selasa, 7 Mei 2013 10:04 WIB
Dibaca 501

Monexnews - Dua pemain utama di industri hiburan Amerika Serikat meneken kesepakatan penting di awal pekan ini. Electronic Arts (EA) dipastikan mendapat lisensi resmi dari pihak Walt Disney untuk mengembangkan permainan Star Wars untuk perangkat mobile, komputer dan konsol video game. Meski tidak dipaparkan secara rinci angkanya, nilai transaksi diyakini menembus miliaran Dollar.

Disney pada bulan Oktober lalu membeli franchise Lucasfilm (termasuk Star Wars) dengan total pembelian sebesar $4.05 miliar. Dari hasil pembelian itu, Disney berhak mengambil kebijakan apapun dalam proyek pemasaran Star Wars tidak terkecuali dalam produk permainan, baik offline maupun online.

Electronic Arts dan Disney masih bungkam menanggapi pertanyaan publik tentang nilai kesepakatan. Tetapi banyak pihak sudah mulai menghitung-hitung biaya pembuatan gama-game yang dibesut oleh EA. Produsen game ini sudah mempertaruhkan biaya besar dalam pembuatan game Star Wars: the Old Republic pada tahun 2011 silam. Permainan online ini berbasis multiplayer, di mana ribuan orang bisa langsung terlibat dengan membayar biaya bulanan.

Analis menyebut EA telah menanamkan rekor modal antara $100 juta dan $300 juta untuk membangun Star Wars: the Old Republic. Sebanyak 1000 suara aktor dipergunakan untuk melengkapi komposisi permainan atau merupakan sebuah rekor di dalam industri rekaman game. Namun demikian, Star Wars: the Old Republic belum disambut baik oleh komunitas teknologi dunia. EA bahkan sampai harus memberi penawaran 15 level secara gratis untuk menarik minat peserta pada bulan Juni tahun lalu. Dan pada bulan November, EA juga meluncurkan Star Wars: the Old Republic versi gratis ke publik.

Disney, yang sudah memiliki divisi game interaktif sendiri, bulan lalu menutup studio LucasArts. Penutupan studio yang sudah berusia 30 tahun ini merupakan bagian dari peralihan bisnis, dari pembuatan proyek Star Wars menjadi penjualan lisensinya saja. Harga saham EA naik 2% pada sesi perdagangan Senin (07/05) ke level $18.67 dan Disney naik tipis ke $65.17 pada sesi after hours.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar