Sabtu, 27 Mei 2017

cfd  CFD

Exxon-BHP Kerjasama untuk Proyek Gas Australia

Selasa, 2 April 2013 11:42 WIB
Dibaca 682

Monexnews - ExxonMobil Corp. (XOM) dan BHP Billiton Ltd. (BHP.AU) berencana membuat gebrakan baru dalam proses pengolahan hasil bumi. Keduanya akan mengembangkan lahan eksplorasi gas alam di wilayah laut Australia. Hebatnya, pengolahan hasil eksplorasi sepenuhnya berlangsung di atas kapal, yang konon merupakan terbesar di dunia. 

Kapal pengolah gas akan merapat ke wilayah tambang Scarborough, yang letaknya 300 km dari pantai selatan Australia. Teknologi pengolahan dan distribusinya memakai metode floating liquefied natural gas technology. Inovasi yang lazim disebut FLNG ini memang belum sepenuhnya dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan minyak, namun keberadaannya telah menarik perhatian banyak pengamat. Pendistribusian hasil alam ke kilang pengolahan kerap kali sulit dilakukan karena faktor medan dan lokasi. Dengan memakai teknologi baru ini, perusahaan tambang hanya tinggal merapatkan kapal pengolah gas ke pantai terdekat untuk kemudian menampung hasil eksplorasi. Keberadaannya sangat berguna bagi pengelola lahan yang terlalu kecil untuk dipasang pipa dan fasilitas pengolah. Alasan efisiensi menjadi latar belakang penciptaan teknologi ini. Royal Dutch Shell PLC (RDSB) merupakan pelopor penggunaan kapal FLNG meskipun operasionalisasinya belum benar-benar bisa diukur. Perusahaan Belanda ini berancana menerapkan teknologi FLNG di Australia dan negara-negara lain.

Exxon dan BHP menargetkan produksi gas masing-masing sebesar 6 juta dan 7 juta metrik ton per tahun dari lahan gas Scarborough. Proses produksinya akan dimulai tahun 2020-21, sebagaimana dilaporkan oleh kedua perusahaan di website Departemen Lingkungan Australia. Saham Exxon ditutup pada level $90.77 atau naik 0.73% pada sesi perdagangan hari Senin (01/04) dan BHP Billiton ditutup pada harga $67.95 atau minus 0.70%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar