Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

cfd  CFD

Facebook Raup Rp8,8 triliun Sepanjang Kuartal Akhir 2014

Kamis, 29 Januari 2015 13:27 WIB
Dibaca 492

Monexnews - Tren penggunaan perangkat mobile seperti handphone pintar dan tablet membawa efek terhadap raihan laba perusahaan media sosial. Facebook menjadi salah satu perusahaan yang sukses memanfaatkan peralihan budaya komunikasi warga dunia.

Facebook berhasil meraup keuntungan sebesar $701 juta atau sekitar Rp8,8 triliun sepanjang kuartal IV 2014. Kenaikan laba sebesar 34% dalam setahun itu sebagian besar dipengaruhi oleh akses via perangkat mobile. Facebook memiliki 1,4 miliar pengguna aktif di triwulan akhir 2014 atau 13% lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari jumlah itu, 1,2 miliar di antaranya lebih banyak mengakses laman pribadinya dengan memakai ponsel dan tablet (naik 26%). Sebaliknya, jumlah orang yang masuk ke Facebook melalui komputer desktop dan laptop menurun. Alhasil 69% dari total penjualan berasal dari divisi mobile advertising, yang di tahun 2013 hanya berkontribusi separuh terhadap nilai sales.

Multimedia merupakan bisnis dengan pertumbuhan tercepat bagi Facebook. Setiap harinya, para pengguna mengunggah dan menyaksikan 3 miliar video atau 74% lebih tinggi dibandingkan setahun silam. CEO Mark Zuckerberg menargetkan perusahaannya mampu mengerek pemasukan bisnis melalui dua produk andalannya yaitu messenger dan WhatsApp. Kedua layanan ini sudah memiliki pasar 500 juta dan 700 juta orang dari seluruh dunia, dan Zuckerberg membidik penambahan jumlah pengguna dalam 5 tahun ke depan.

Untuk mewujudkannya, Facebook menghabiskan dana $2,7 miliar untuk belanja keperluan storage data, peralatan IT dan barang-barang berteknologi tinggi lainnya. Jumlah belanja itu 87% lebih besar dibandingkan uang yang dikucurkan oleh perusahaan ini setahun lalu.

Kenaikan profit di kuartal IV sendiri berasal dari tingginya pemasukan laba dari pihak pengiklan. Perusahaan dan pebisnis yang memasang iklan di Facebook harus membayar biaya 335% lebih mahal di kuartal IV 2014 dibandingkan tarifnya di tahun 2013. Tidak heran kalau akhirnya angka penjualan ikut melonjak karena advertiser merasa biaya iklan di Facebook setimpal dengan efek yang diberikannya. Secara keseluruhan, total penjualan Facebook di kuartal IV 2014 naik 49% mencapai $3,8 miliar.

[Harga saham Facebook (NASDAQ:FB) ditutup menguat 0,61% pada sesi perdagangan hari Rabu (28/01) ke posisi $76.24.)

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar