Kamis, 19 Januari 2017

breaking-news Bank of Canada mempertahankan suku bunga di level 0.50%.

cfd CFD

Gagal Capai Target, Bonus CEO JC Penney Dipangkas

Rabu, 3 April 2013 11:03 WIB
Dibaca 420

Monexnews - JC Penney merupakan salah satu emiten bursa Amerika Serikat yang mengalami masa-masa sulit di tahun 2012. Kinerja bisnisnya lesu dan membuat pos keuangan menjadi tidak sebaik beberapa tahun sebelumnya. Tidak heran jika jajaran direksi dipaksa menanggung konsekuensi pahit berupa pemotongan bonus tahunan.

Perusahaan toko retail pakaian ini kemarin (Selasa 02/04) memangkas kompensasi bonus bagi CEO-nya untuk tahun buku 2012. Kalau pada tahun lalu Ron Johnson bisa membawa pulang cek senilai $53,3 juta, maka tidak demikian halnya dengan sekarang. Sang CEO 'hanya' dapat mengantongi bonus $1,9 juta atau sejalan dengan performa keuangan JC Penny yang buruk di penghujung tutup buku. "(Pemangkasan bonus) dilakukan karena laba perusahaan tidak memenuhi target," demikian pernyataan resmi perseroan.

Kompensasi Johnson merosot begitu dalam karena dalam klausul kontrak kerja di tahun 2011 ia sudah menerima hadiah saham senilai $52,7 juta. Untuk tahun 2012, eks-karyawan Apple ini tidak mendapat bonus saham dan harus rela menerima penurunan bonus sebanyak 44%. Saham JC Penney anjlok hingga 60% dalam setahun belakangan akibat performa penjualan yang negatif. Sejak mengambilalih perusahaan di tahun 2011, Johnson telah mengambil inisiatif restrukturisasi termasuk penurunan harga produk, pengubahan desain toko dan program tambahan seperti potong rambut gratis bagi anak-anak. Namun sampai sekarang efek kebijakan-kebijakan itu terbilang nihil. Perusahaan mengalami kerugian $427 juta di kuartal IV tahun lalu akibat penurunan angka penjualan sebanyak 28% dibandingkan satu tahun sebelumnya. Ketika berbicara di hadapan analis pasar keuangan bulan Februari silam, Johnson mengaku bahwa JC Penney melakukan kesalahan di tahun 2012. Namun ia mengklaim perusahaannya sukses mengendalikan biaya pengeluaran, membangun platform teknologi dan memberikan pengalaman belanja kepada pelanggan.

Terlepas dari penurunan bonus yang diterimanya, Ron Johnson masih menikmati berbagai fasilitas dari posisinya sebagai CEO. Selain gaji pokok sebesar $1,5 juta, ia juga berhak atas tunjangan lain senilai lebih dari $344.000 termasuk penggunaan jet pribadi dan $30.000 untuk biaya sistem keamanan tempat tinggal. Harga saham JC Penney semalam ditutup pada level $14.55 atau anjlok 1,7% dibandingkan harga pembukaan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar