Jumat, 15 Desember 2017

cfd  CFD

Gagal di China, Amazon Putuskan 'Menumpang' Alibaba

Senin, 9 Maret 2015 16:16 WIB
Dibaca 510

Monexnews - Amazon memang kesulitan penetrasi ke wilayah China karena aturan ketat dari pemerintahnya. Namun bukan berarti mereka kehabisan akal untuk menggarap pangsa pasar terbesar di dunia itu. 

Amazon akhirnya memutuskan untuk membuka toko online di marketplace Tmall milik Alibaba pekan ini. Perusahaan asal Amerika itu akan menjual berbagai kategori barang mulai dari makanan hingga mainan bermerek internasional. Dengan menjadi salah satu penjual di Tmall, maka Amazon resmi memposisikan dirinya sebagai konsumen Alibaba dan wajib membayar komisi dari setiap transaksi.

Selain proyeksi pemerintah, Amazon juga gagal berkembang di China karena Alibaba terlalu dominan dalam penguasaan pasar online. Amazon hanya kebagian 1,3% dari pasar business-to-consumer China pada kuartal III tahun lalu. Artinya, perusahaan kehilangan 13,8 poin persentase dari total konsumen yang diperebutkan raksasa jual beli online sejak kuartal yang sama tahun 2008 silam.

Amazon China hanya mampu menghasilkan omset sekitar 10 juta Yuan di 2013, atau 3% dari total penjualan merchandise dunia. Kemungkinan besar perusahaan juga kembali mencetak kerugian bersih untuk tahun buku 2014.

Alibaba memang masih terlalu kuat di kandangnya sendiri. Perusahaan yang baru saja mencetak rekor IPO $25 miliar ini memiliki jaringan bisnis online luas, termasuk Taobao dan Tmall yang menjadi wadah (marketplace) pelaku usaha untuk menjual barangnya. Tmall sendiri juga menjual produk-produk internasional semacam Nike, Gap dan Apple kepada konsumen selain tentunya barang-barang buatan anak negeri.


[Harga saham Amazon.com (NASDAQ:AMZN) ditutup pada posisi $380.09 atau merosot 2% pada sesi perdagangan Jumat kemarin.] (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar