Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

cfd CFD

Gagal Investasi, Goldman Berencana Jual Tambang di Kolombia

Senin, 4 Mei 2015 11:38 WIB
Dibaca 891

Monexnews - Goldman Sachs mengalami kegagalan investasi dan berencana menjual portofolio tambangnya. Salah satu lembaga keuangan tertua di dunia ini tidak berhasil meraup laba dari investasinya di sebuah tambang batubara yang berlokasi di Kolombia.

Menurut pihak direksi, tambang batubara gagal beroperasi sesuai harapan karena berbagai kendala. Selain blokade buruh, operasional tambang terpaksa tutup karena banyak masalah. Keuntungan juga tidak pernah datang karena harga batubara sudah anjlok sampai 20% selama 3 tahun terakhir. Bahkan sejak pengambilalihan oleh Goldman, harga batubara turun sekitar 40% dan operasional tambang dihentikan, salah satunya akibat kasus pencemaran lingkungan.

Sekarang Goldman sudah habis kesabaran dan berniat menjual portofolio tambangnya itu. Pihak direksi tidak peduli lagi walaupun investasinya masih rugi besar. Perusahaan juga sedang mengurangi investasi pada aset berbasis sumber daya dan bahan baku, sebagaimana tercermin dari penjualan aset pembangkit tenaga dan bisnis penyimpanan alumunium.

Adapun kabar penjualan tambang batubara di Kolombia mencuat setelah Federal Reserve Bank memperketat aturan soal investasi bank pada bisnis penjualan, penyimpanan dan produksi bahan mentah. Panel senat Amerika Serikat menilai investasi seperti ini rentan memicu konflik kepentingan dan memunculkan risiko sistemik di sektor perbankan. Pasalnya ada celah bagi bank untuk melakukan trading komoditas secara ilegal dengan memainkan harga untuk keuntungannya sendiri.

[Harga saham Goldman Sachs (NYSE:GS) ditutup pada posisi $197.53 atau menguat 0,57% pada sesi perdagangan 1 Mei 2015.] (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar