Kamis, 14 Desember 2017

cfd  CFD

GE Persilakan Pemegang Saham Pilih Calon Direktur Favoritnya

Kamis, 12 Februari 2015 14:24 WIB
Dibaca 445

Monexnews - General Electric Co. (GE) dikabarkan akan mereformasi tata cata penunjukan direktur-direkturnya. Pemilihan bos-bos perusahaan nantinya berada langsung di tangan pemegang saham, dan bukan lagi menjadi domain dewan direksi.

Menurut GE, aturan baru tersebut akan efektif berlaku mulai 6 Februari mendatang. Nantinya, pemilik saham perorangan maupun grup (terdiri dari minimal 20 orang) yang menguasai paling tidak 3% saham perusahaan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, berhak menominasikan nama-nama orang yang dianggap pantas mengisi kursi direksi. Namun, mereka hanya berhak mengajukan calon untuk 20% pos eksekutif yang tersedia dan tidak lebih dari itu.

Kebijakan GE terlampir dalam dokumen yang didaftarkan kepada Komisi Pengawas Pasar Modal Amerika Serikat (SEC). Beberapa tahun lalu, SEC pernah mengadopsi aturan serupa, di mana setiap perusahan masuk bursa harus memperbolehkan pemegang sahamnya mengajukan kandidat direksi. Namun pasal tersebut mendapat penolakan dari Kamar Dagang Amerika, dan akhirnya kalah di pengadilan. Asosiasi pebisnis papan atas ini mengklaim kalau aturan tersebut bisa dimanfaatkan oleh investor-investor tertentu untuk mengajukan calon direktur yang bisa menjalankan kepentingan mereka di pasar modal. Sejak saat itulah, tidak ada lagi kebijakan yang mewajibkan emiten bursa untuk memberikan ruang bagi pemagang saham dalam pemilihan jajaran direksi, kecuali jika memang perusahaan menghendaki demikian.

Dalam hal ini, GE menjadi perusahaan yang memiliki inisiatif sendiri untuk memberlakukan aturan itu dalam buku standar operasionalnya. Oleh karena itulah, beberapa pihak memuji keberanian perusahaan yang rela struktur organisasinya 'diobok-obok' pemilik sahamnya. "Ge telah mengajarkan perusahaan lain tentang tata cara pemilihan direksi yang pantas," kata Scott M. Stringer, Comptroller kota New York, yang bertugas mengurus pendaftaran proposal kebijakan perusahaan-perusahaan besar kepada otoritas. Ia menganggap GE menciptakan suatu gebrakan yang lebih demokratis ke dalam lini korporasi.

[Harga saham General Electric (NYSE:GE) ditutup pada posisi $24.77 atau tidak berubah sama sekali pada sesi perdagangan hari Rabu (11/02).]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar