Selasa, 24 Januari 2017

cfd  CFD

Gejolak Konglomerasi Samsung Berikan Peluang Gain

Kamis, 16 Juli 2015 16:44 WIB
Dibaca 466

Monexnews -

Wacana merger saham Samsung C&T dengan perusahaan Cheil Industries Inc, yang secara de facto merupakan holding company Samsung akan ditentukan melalui vote para pemegang saham di hari Jumat besok. Event ini sekaligus menjadi peluang meraih capital gain pada stock CFD trading.

Merger kedua perusahaan tersebut merupakan tonggak yang krusial dalam rencana suksesi sekali dalam generasi yang dirancang untuk mengamankan control pada Samsung Electronics Co - perusahaan terpenting dalam keluarga konglomerasi Samsung.

Apalagi semenjak Chairman Lee kun-Hee. Tetua Mr. Lee tidak dalam kapasitas nya paska terkena serangan jantung setahun lalu. Deal merger akan memudahkan  Lee Jae-Yong, penerus konglomerasi Samsung untuk mengkontrol Samsung Electronics Co, produsen smartphone terbesar dunia melalui penggabungan dengan Cheil Industries yang akan mengkatrol suara mayoritas. 

Samsung C&T, bergerak di bidang konstruksi memiliki hanya 4.1% di Samsung Electronics Co, saat ini sedang dalam perang yang pahit dengan hedge fund dari US Elliott Associates LP. Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan berbasis New York tersebut telah mengakumulasi kepemilikan Samsung C&T sebesar 7.1%. Elliot menyerang pusat kelemahan konglomerasi Samsung terhadap berbagai 70 perusahaannya: dimana  Mr. Lee muda hanya memiliki 0.57% saham . Menjelang vote  shareholder, Elliot menyatakan wacana merger tidak fair.

Meski Samsung terbilang cukup berhasil meraih brand global di ranking atas, namun keluarga konglomerasi tersebut masih belum berhasil meyakinkan semua shareholder atas transparansi korporat, kebijakan shareholder yang setara dengan perusahaan global papan atas. Sehingga hasil voting merger hari Jumat akan menunjukkan bagaimana Mr. Lee muda meraih respek dari komunitas investasi global. Komposisi Samsung Electronics Co dengan kapitalisasi market sebesar $159.1 milyar, saat ini 52% dimiliki investor asing, 19% investor Korea, 17.6% keluarga Mr. Lee dan afiliasi Samsung lainnya, 12% oleh Treasury dan 4.1% oleh Samsung C&T.

Investor internasional, termasuk Aberdeen Asset Management, dana pensiun Canada, California dan Florida yang memiliki 2.1% Samsung C&T memberikan sinyal untuk menentang rencana merger. Sementara samsung  telah berhasil meraih dukungan dana pensiun Korea, yang memilki 11.2% vote Samsung C&T. Sehingga hasil vote merger diperkirakan akan cukup ketat.

Jika merger gagal, maka Samsung akan mengalami ketidakpastian dalam mengkontrol afiliasinya. Bahkan hedge fund Elliot mengancam akan mengganti jejeran manajemen Samsung C&T jika tidak dapat diraih deal. Elliot, merasa penawaran dari Cheil Industries pada Samsung C&T terlalu undervalued, sehingga mereka pun berupaya memblokir merger. 

Saham CFD Samsung C&T sejauh ini meroket 21% sejak rencana merger senilai $8 milyar tersebut diumumkan pada 26 Mei lalu, sehingga nilai kapitalisasi market terdongkrak ke 10.47 trilyun Won.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar