Kamis, 19 Oktober 2017

cfd  CFD

GM Berniat 'Kawinkan' Mobil dan Smartphone

Senin, 25 Februari 2013 16:26 WIB
Dibaca 490

Monexnews - General Motors Co. memanaskan persaingan di industri otomotif dunia dengan tawaran fitur terbaru. Perusahaan roda empat asal Amerika ini berencana menanamkan konektivitas broadband kecepatan tinggi di mobil besutannya mulai 2015. 

General Motors menetapkan tahun 2015 sebagai periode kebangkitan teknologi mobile di kendaraan. Semua mobil yang dibuat dua tahun dari sekarang akan dilengkapi dengan layanan broadband 4G. Pemilik kendaraan nantinya bisa memilih paket data untuk terkoneksi ke internet atau wifi dengan kecepatan 10 kali lebih cepat ketimbang apa yang ditawarkan sebagian besar operator saat ini. Fitur 4G nantinya bisa ditemui pada varian andalan seperti Chevrolet, Buick, GMC, Cadillac, Opel dan Vauxhall.

Penggunaan koneksi super-cepat akan memakai konsol yang ada di dashboard dan/atau layar yang ditanamkan pada masing-masing kursi penumpang. Salah satu layanan andalannya nanti adalah tampilan kemacetan jalan raya secara real-time dalam format peta canggih. Saat ini fitur peta yang dipakai oleh kebanyakan pengguna jalan baru menampilkan lokasi terkini dan jarak menuju tempat tujuan. Opsi lain yang sedang dipelajari oleh General Motors adalah jalinan kerjasama dengan channel ramalan cuaca sehingga pengemudi bisa mendapat update laporan cuaca di beberapa lokasi. Semua aktivitas dilakukan via layar navigasi yang tertempel di mobil, tanpa bantuan smartphone apapun.

"Kami akan menaikkan produktivitas koneksi data untuk kebaikan pengguna jalan," ujar Mary Chan, president GM divisi global connected consumer. General Motors akan memakai layanan operator AT&T Inc. sebagai penyedia layanan koneksi 4G di Amerika dan Kanada, untuk kemudian baru merangkul provider dari negara-negara lainnya.

Chief Executive Dan Akerson adalah sosok di balik transisi teknologi GM. Ia berupaya memperkaya fitur yang ada di mobil dan pick up buatan GM sejak mengambil alih kursi tertinggi bulan September 2010. Sebagai veteran di bidang telekomunikasi, Akerson menilai mobil-mobil buatan GM kurang inovasi teknologi baru.

Pihak AT&T sendiri sudah merespon baik nota kesepakatan lisan dengan produsen otomotif terbesar Amerika itu. "Anda bisa menggunakan sistem kami untuk ngobrol di Facebook atau masuk ke Twitter, semua dilakukan di mobil," imbuh Glenn Lurie, president of AT&T's Emerging Enterprises and Partnership division. Intinya, semua hal yang konsumen biasa lakukan via smartphone dan tablet juga bisa dilakukan di mobil, dengan koneksi sepuluh kali lebih cepat. GM sendiri akan memaparkan rencana mobil 4G-nya pada ajang Mobility World Congress di Barcelona hari Senin ini. Harga saham GM diperdagangkan pada level $27.11 (naik 2.26%‎) pada sesi pra-perdagangan hari Senin. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar