Selasa, 24 Januari 2017

breaking-news Keputusan Mahkamah Agung Inggris: proses formal Brexit harus melalui persetujuan parlemen.

cfd  CFD

Google Beli Perusahaan Pembuat 'Otak Buatan'

Senin, 27 Januari 2014 13:12 WIB
Dibaca 480

Monexnews - Ambisius. Kata tersebut tepat ditujukan bagi Google, yang giat mengambilalih perusahaan-perusahaan start-up guna memperluas cakupan bisnisnya.

Bukan hanya di Amerika Serikat, Google bahkan melirik perusahaan lain yang beroperasi di luar negeri. Adalah Deep Mind, yang kabarnya sedang menjadi sasaran pembelian Google tahun ini dengan nilai transaksi mencapai angka fantastis, $500 juta atau setara Rp6.1 triliun.

Deep Mind didirikan oleh ahli syaraf bernama Demis Hassabis, developer Skype, Jaan Tallin dan seorang ahli riset bernama Shane Legg. Perusahaan ini bergerak di bidang intelijensi artifisial atau pengembangan mesin/alat yang bisa berpikir seperti halnya manusia. Google diperkirakan akan memakai jasa Deep Mind untuk meningkatkan kualitas mesin pencari setara otak manusia sehingga perangkat apapun yang di-support oleh Google bisa berperan layaknya asisten pribadi maupun teman bagi penggunanya.

Memasuki tahun 2014, Google Inc terus menggenjot program merjer dan akuisisi untuk mendongkrak perolehan labanya. Sebelum Deep Mind, perusahaan yang resmi diambilalih oleh raksasa teknologi Amerika ini adalah Nest Labs, di mana nilai akuisisinya mencapai $3.2 miliar dalam bentuk tunai. Spesialisasi bisnis Nest terfokus pada pengembangan produk teknologi untuk rumah tangga seperti alat pengukur suhu dan pendeteksi asap. Namun uniknya, Nest membuat semua produk dengan dilengkapi oleh suatu program cerdas untuk memudahkan konsumennya memantau penggunaan alat-alat itu melalui smartphone.

Sebelum merangkul Nest, Google pada akhir tahun lalu juga telah mengakuisisi Boston Dynamics, perusahaan yang namanya hanya terkenal di industri militer Amerika Serikat, khususnya untuk teknologi robot. Gagasan untuk membangun divisi robot dicetuskan oleh pembesut aplikasi Android, Andy Rubin, yang merupakan salah satu sosok terpenting dalam program inovasi teknologi Google. Diam-diam, Google bahkan telah membeli sebanyak tujuh perusahaan pengembang robot dalam enam bulan terakhir untuk mewujudkan 'Revolusi Robot' di sektor teknologi.

[Harga saham Google (GOOG) ditutup pada posisi $1,123.83 atau turun 3.13% pada sesi perdagangan Jumat (24/01)]

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar