Minggu, 22 Oktober 2017

cfd  CFD

Google Buat Smartphone Murah untuk Negara Berkembang

Kamis, 26 Juni 2014 11:05 WIB
Dibaca 693

Monexnews -  Google mengumumkan produksi ponsel cerdas dengan harga terjangkau untuk wilayah pemasaran negara berkembang. Langkah ini bertujuan untuk memperluas akses teknologi yang terkonsep dalam program yang disebut sebagai Android One.

Smartphone yang diklaim 'murah' oleh Google ini akan memiliki fitur standar seperti radio FM, layar di bawah 5 inci dan dibanderol tidak sampai $100 per unitnya. Senior Vice President, Sundar Pichai, mengutarakan hal itu dalam Konferensi Developer Tahunan beberapa jam lalu.

"Kami akan merilis produk ini ke seluruh dunia, tetapi India akan menjadi negara pertama," ujar Pichai. Ia menambahkan bahwa pihak Google sedang menjalin kerjasama dengan operator seluler di India untuk memasarkan smartphone, yang sudah dirancang untuk bisa mengakses internet. "Banyak sekali orang yang belum punya akses ke smartphone, dan kami ingin mengubahnya," kilah Pichai.

Langkah Google tersebut menuai pujian dari pengamat teknologi, salah satunya lembaga riset Gartner. Konsep Android One dianggap menjadi solusi untuk pemerataan teknologi handset ke masyarakat dunia. "Google sedang membangun solusi dengan mengeluarkan ponsel murah bagi negara berkembang," ujar Brian Blau, Direktur Riset Gartner.

Google sudah merangkul beberapa mitra kerja, khususnya supplier, dalam produksi ponsel murah. Hal terpenting yang diutamakan dalam kerjasama tersebut adalah bagaimana untuk menghasilkan ponsel cerdas dengan harga jual di bawah $100. Dari aspek bisnis, keputusan Google bisa dipandang sebagai 'perang' terhadap Microsoft, yang baru saja mengumumkan rencana penjualan ponsel Nokia seharga $135 per unit. Meskipun pihak direksi membantah spekulasi itu dan menyebut bahwa rencana ini sudah dicanangkan sejak lama. Pun demikian, belum ada tanggal pasti kapan ponsel murah Google mulai dipasarkan di India walaupun peluncurannya dijadwalkan paling cepat tahun ini.

[Harga saham Google (NASDAQ:GOOG) ditutup pada posisi $578.65 atau naik 2.48% pada sesi perdagangan hari Rabu (25/06).]

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar