Rabu, 24 Mei 2017

breaking-news Moody's turunkan peringkat kredit China, AUDUSD turun 20 pip ke 0.7453

cfd  CFD

Google Luncurkan Fitur Voice Search Versi Indonesia

Kamis, 11 Juni 2015 10:41 WIB
Dibaca 1996

Monexnews - Google semakin serius memanjakan penggunanya di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Perusahaan mesin pencari terbesar dunia ini baru saja menambahkan menu bahasa Indonesia ke dalam fitur pencarian via suara (voice search) termasuk untuk OS Android.

Menurut Marketing Manager Google Indonesia, Sandy Tantra, pengguna di Indonesia tidak hanya memakai Google untuk mencari pengetahuan akademis. Namun sebagian dari mereka juga sering mencari informasi untuk berbagai hal, mulai resep memasak hingga jadwal film bioskop. "Kami ingin orang Indonesia bisa melakukan pencarian dengan lebih cepat," katanya ketika ditanya soal alasan di balik peluncuran voice search bahasa Indonesia.

Fitur voice search Google dinamai OK Google dan untuk aplikasi versi Indonesianya dinamai "Tanya Aja". Aktivasinya sendiri sangat mudah, di mobile phone si pengguna hanya harus menyebut kata 'OK Google' untuk mengaktifkan fitur. Tanya Aja merupakan bagian dari paket program Google Now yang dirilis 3 tahun lalu dengan tujuan untuk menjadi pelopor teknologi mesin pencari untuk masa depan.

Mesin pencari Google langsung melakukan pencarian setelah mendapat perintah suara dengan mengacu pada histori kunjungan pengguna ke situs-situs tertentu. Datanya sendiri diambil dari account Gmail tempat di mana pengguna terdaftar. Dari situ, Google juga bisa membedakan tipe-tipe pengguna internet berdasarkan pencarian informasi dan lokasi online-nya.

Menurut penelitian Google, pengguna internet Indonesia paling banyak memakai mesin pencari untuk membuat sesuatu, misalnya blog, website, masakan dan mencari lokasi tempat makan. Google Now juga sudah bisa menjalankan perintah untuk aktivasi fitur-fitur dalam handphone seperti menelepon dan menyetel alarm. Sementara voice search versi Indonesia bisa diakses via Google App, kemudian bisa langsung dijalankan dengan klik 'setting' kemudian klik bagian kiri atas di kolom 'voice' atau 'suara' lalu pilih bahasa Indonesia.


[Harga saham Google Inc Class C (NASDAQ:GOOG) ditutup pada posisi $536.69 atau menguat 1,90% pada sesi perdagangan Rabu (10/06).] (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar